Ngeri! Rekaman Satu Kampung di Telan Laut di Norwegia

Ngeri! Rekaman Satu Kampung di Telan Laut di Norwegia

Bencana alam mengerikan berupa tanah longsor terjadi di Kota Alta, Distrik Vest-Finnmark, Norwegia Utara, pada Rabu (3/6/2020).

Tanah selebar 600 meter dengan ketebalan 150 meter dan menampung beberapa rumah di atasnya, hanyut dan terseret ke arah laut. Hanya dalam hitungan menit, tanah dan rumah itu hilang “ditelan” air laut.

Peristiwa ini menghancurkan delapan rumah yang ada di atasnya. Diketahui, rumah yang ada di atas tanah itu merupakan rumah yang digunakan saat liburan dan tidak dihuni 2 hari sebelum longsor terjadi.

Rumah-rumah ini biasanya akan penuh terisi ketika akhir pekan tiba. Untunglah, peristiwa mendebarkan ini tidak terjadi pada akhir pekan.

Kepolisian dan aparat setempat telah mengevakuasi semua warga di sana, dan dipastikan tidak ada korban jiwa. Namun, sempat ada seorang warga dan seekor anjing yang terseret ke laut.

Untunglah, mereka berhasil diselamatkan oleh petugas. Dilansir dari IFLScience, bencana alam longsor ini terjadi karena perbukitan Alta menjorok ke laut.

Air yang mengikis tanah terus menerus menyebabkan struktur tanah mudah runtuh. Hingga akhirnya, tercipta momentum yang menyebabkan tanah luas tersebut “tertelan” oleh lautan.

Saat ini, Direktorat Sumber Daya Air dan Energi Norwegia (NVE) masih mengawasi keadaan. Insinyur Distrik NVE, Anders Bjordal memperingatkan warga adanya kemungkinan peristiwa serupa terulang kembali.

Oleh karena itu, warga sekitar dievakuasi ke tempat yang lebih aman untuk sementara.