Apakah Benar Bill Gates Akan Kurangin Populasi Dunia 15 Persen dengan Vaksin

Apakah Benar Bill Gates Akan Kurangin Populasi Dunia 15 Persen dengan Vaksin

Benarkah Bill Gates mengatakan akan mengurangi populasi dunia 15 % dengan menggunakan vaksin?

Saat ini banyak beredar informasi bahwa Bill Gates pernah memprediksi terjadinya pandemi virus menular dan dia mensponsori vaksin untuk mengurangi populasi dunia. Informasi ini dikaitkan dengan video presentasinya di acara TEDTalk  pada 2015 seperti disebutkan salah satu warganet berikut ini:

Bill Gates pada 2015 bicara bahwa dunia tidak siap menghadapi wabah virus menular karena tidak mempunyai sistem kesehatan yang baik pada level negara maupun secara global.  Juga tak ada tim respons cepat untuk mengkontaminasi seandainya virus muncul. Saat ini hanya relawan yang bergerak, tidak ada tim pakar epidemi seperti di film Hollywood.

Padahal, kata Gates, yang akan membunuh lebih dari 10 juta manusia bukanlah perang nuklir (Gates menunjukkan awan cendawan ledakan nuklir), tetapi penyakit menular akibat virus (Gates menunjukkan gambar virus korona, yang memang bentuk dari sebagian besar virus flu).

Sepanjang video itu Gates tidak pernah bicara soal mengurangi populasi dunia dengan vaksin seperti kamu bisa tonton sendiri di video di bawah ini. Jadi bisa dibilang Gates bicara akan mengurangi populasi dunia pada acara TED Talks pada 2015 adalah informasi salah alias hoaks.

Lantas dari mana asal informasi bahwa Gates akan mengurangi populasi dunia? Video yang sebenarnya dimaksud adalah Bill Gates saat presentasi di ajang TED Talks pada 2010 dengan judul “Innovating to Zero” berikut ini:

Pada video ini Gates bicara soal energi dan perubahan iklim, serta apa langkah-langkah untuk membantu 2 miliar penduduk dunia yang termiskin untuk hidup lebih baik. Inti pembahasannya adalah cara menekan produksi CO2 hingga nol demi menghentikan pemanasan global.

Salah satu komponen menurunkan produksi CO2 adalah populasi dunia. Gates mengatakan, penduduk dunia pada 2010 itu adalah 6,8 miliar jiwa. Pada menit 4:43 hingga 4:54 inilah Gates mengatakan soal vaksin dan pengurangan populasi dunia hingga 10-15 persen.

Jadi benar dong? Tidak, karena perkataan Bill Gates di sini sering dipotong dan dipelintir. Agaknya masyarakat Indonesia sudah berpengalaman dan mengerti efeknya jika ucapan seorang tokoh dipotong lalu disebarkan, bukan?

Perkataan Bill Gates saat itu adalah: “First, we’ve got population. The world today has 6.8 billion people. That’s headed up to about nine billion. Now, if we do a really great job on new vaccines, health care, and reproductive health services, we can lower that perhaps 10-15%, but there we see an increase about 1,3 billions.”

Atau dalam bahasa Indonesia, “Saat ini populasi penduduk dunia 6,8 miliar dan akan naik jadi 9 miliar. Jika kita dengan baik mengurus vaksin baru, sistem kesehatan, dan layanan kesehatan reproduksi, maka kita bisa menurunkan barangkali sekitar 10-15 persen, tapi kita tetap melihat ada kenaikan sekitar 1,3 miliar jiwa.”

Artinya Bill Gates mau menekan laju pertumbuhan populasi dunia sekitar 10-15% dari prediksi 9 miliar jiwa itu. Caranya bukan dicapai hanya dengan memberikan vaksin, tapi juga lewat sistem kesehatan, dan layanan kesehatan reproduksi yang baik. Tunggu sebentar, bukankah vaksin dan layanan kesehatan yang baik justru menyelamatkan nyawa, kalau semua itu baik maka logikanya penduduk dunia akan bertambah dong, bukan berkurang?

Ya, itu logika yang berusaha dibangun para pembuat teori konspirasi, tapi kamu tidak diberitahu dasar pemikiran Gates yang membuatnya berpikir kesehatan lebih baik maka akan ada pengurangan populasi.

Dalam sebuah wawancara dengan majalah Forbes pada November 2011, Bill dan Melinda Gates menjelaskan, pengendalian populasi dunia memang menjadi misi mereka. Awalnya mereka mencoba mensponsori sosialisasi alat kontrasepsi dan pendidikan kesehatan reproduksi kepada perempuan di negara berkembang.

Namun yang mereka temukan malah mengejutkan, ternyata yang bisa menekan populasi bukanlah alat kontrasepsi. Gates melihat jika angka kematian di sebuah negara menurun, di bawah 10 kematian per 1.000 orang, maka angka kelahiran ikut turun dan pertumbuhan penduduk menjadi tidak tinggi. Kok bisa?

Bill Gates juga awalnya bingung, “Itu tidak masuk akal,” ujarnya.

Namun akhirnya memahami bahwa keputusan untuk punya anak banyak atau sedikit ternyata dipengaruhi oleh tinggi atau rendahnya harapan hidup. Jika orangtua melihat potensi kematian begitu tinggi mengancam keturunan mereka, terutama karena penyakit, maka mereka cenderung akan ingin punya banyak anak. Karena, kata Bill, mereka tahu banyak anaknya yang akan mati.

“Kalau seorang ibu dan ayah tahu anak mereka akan hidup selamat sampai dewasa, maka mereka tidak akan punya banyak anak, dan itu mengurangi jumlah populasi secara keseluruhan,” kata Melinda Gates.

Sejak mengetahui fakta itulah Bill dan Melinda banting stir dari mensponsori alat kontrasepsi jadi mendukung vaksin dan imunisasi. Targetnya, kata Bill, menyelamatkan sebanyak mungkin anak yang sudah lahir dari penyakit yang menyebabkan kematian.

Kenapa tidak membangun banyak rumah sakit atau mencetak banyak tenaga kesehatan? Gates memilih vaksin, “Karena vaksin bisa dibuat dengan biaya murah.”

Karena murah itulah Bill dan Melinda merasa jika menaruh uang ke sana maka pekerjaan mereka bisa lebih berdampak. Karena dengan uang yang mereka punya bisa memproduksi vaksin lebih banyak sehingga bisa menyelamatkan lebih banyak nyawa. Cek wawancara Bill dan Melinda Gates selengkapnya DI SINI

Langkah menekan laju pertumbuhan penduduk bukan cuma disuarakan Bill Gates. Pemerintah Indonesia juga punya progrma keluarga berencana agar setiap keluarga hanya punya dua anak saja untuk menekan laju pertumbuhan penduduk. Sehingga nantinya kebutuhan pokok dan kesejahteraan setiap keluarga lebih bisa dipenuhi. Tapi bukan berarti Indonesia ingin mengendalikan dunia kan?

KESIMPULAN

Nah buat kamu yang langsung scroll ke bawah karena tak mau baca tulisan panjang, intinya, kamu boleh saja mencurigai motif Gates, tapi informasi yang mengatakan Bill Gates mengatakan ia akan mengurangi populasi dunia sebanyak 10-15 persen dengan vaksin adalah keliru, menyesatkan, dan hoaks. Gates tidak pernah membuat pernyataan itu dalam video TED Talks.

Yang benar adalah Bill Gates mengampanyekan vaksin karena ia menemukan jika semakin banyak anak yang tumbuh sehat tanpa terkena penyakit menular yang mematikan, maka orangtua tak merasa perlu punya banyak anak karena mereka tahu anaknya akan tumbuh sampai dewasa. Dari sinilah pertumbuhan populasi akan bisa ditekan 10-15 persen.

Mengapa informasi palsu ini banyak menyebar? Singkatnya karena banyak yang percaya dan ikut membagikan tanpa menonton sendiri video-video Bill Gates TED Talks sampai habis. Juga tidak mau menelusuri faktanya secara menyeluruh sebelum mempercayai kabar yang beredar di grup percakapan dan media sosial.