Warga Malaysia Tidak Percaya Penampilan Timnas Mereka di Piala AFF

0
253

Upaya Kim Swee untuk kembali membangun tim pasca ditinggal empat pilar timnas tiga bulan lalu, yakni kapten tim Safiq Rahim, Aidil Zafuan (bek tengah), S. Kunalan (bek kanan), dan Amirulhadi Zainal (gelandang), juga dianggap belum berjalan lancar.

Kendati sang pelatih optimistis dengan kans timnya tetap terbuka dalam perburuan gelar juara, masyarakat terutama yang mengikuti jajak pendapat itu, tampaknya punya pendapat lain.

Ong Kim Swee seusai uji coba kontra Afghanistan mengungkapkan skuatnya terus mengalami perkembangan positif. Meski dibobol satu gol di laga itu, Kim Swee memuji pertahanan timnya.

“Sebelum pertandingan, latihan difokuskan pada sisi pertahanan, tetapi setelah ini saya akan mengubah materi latihan. Kami akan fokus pada lini tengah dan penyerangan saat tahap akhir pemusatan latihan nanti,” kata Kim Swee di ESPN Asia, Rabu (12/10/2016).

Hanya, keyakinan itu dimentahkan dengan penilaian yang beranggapan bila penampilanTimnas Malaysia sejauh ini jauh dari memuaskan.

Dari enam uji coba yang tercatat di FIFA maupun tidak sejak medio Juni 2016 sebagai persiapan Piala AFF 2016, kurangnya kreativitas, tidak adanya sosok pemimpin di lapangan, serta playmaker di jantung permainan timnas, maupun terbatasnya stok penyerang, membuat fans ragu.

Kini dengan waktu tersisa kurang dari 40 hari jelang kick-off Grup B pada 20 Novemner 2016, The Star menyimpulkan Ong Kim Swee menghadapi tugas mahaberat demi mewujudkan ambisi ke final Piala AFF.