Wacana Penambahan Pimpinan MPR dari 7 Menjadi 11 Kursi

0
77

Ketua MPR Zulkifli Hasan tidak setuju dengan usulan penambahan kursi pimpinan MPR dari 7 menjadi 11. Zulkifli menyebut jumlah kursi tambahan yang diusulkan terlalu banyak.

“Itu kan ada usulan 11 pimpinan MPR, 11 pimpinan DPR, itu kan jadi kesebelasan bola, yang benar lah,” kata Zulkifli usai acara sosialisasi 4 pilar di Jalan Sonder Remboken, Manado, Sulawesi Utara, Rabu (24/5/2017).

Zulkifli mengaku tak mempermasalahkan usulan penambahan jumlah pimpinan. Namun bila terlalu banyak jumlah kursi yang ditambah, maka hal itu dapat menjadi sorotan dunia.

“Nambah boleh, tapi jangan bikin kesebelasan bola gitu dong. Apa kata dunia,” sambungnya.

Usulan penambahan jumlah kursi pimpinan parlemen mengemuka dalam pembahasan revisi UU MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3). Usulan tersebut adalah penambahan jumlah pimpinan DPR menjadi 7 kursi, pimpinan MPR menjadi 11 kursi, dan pimpinan DPD menjadi 5 kursi.

Sebelumnya, Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR Supratman Andi Agtas mengatakan usulan tersebut merupakan dinamika yang terjadi pada setiap fraksi. Tetapi usulan tersebut belum final dan bisa saja dibatalkan jika pemerintah tidak menyetujui.

“Tapi ini belum final karena belum ambil keputusan. Tentu tergantung pertimbangan masing-masing fraksi, apakah bisa, tetapi jangan lupa, semua tergantung sikap pemerintah. Sekalipun fraksi mengusulkan tapi bila pemerintah tidak setuju, tentu tidak akan selesai,” ujar Supratman, Selasa (23/5).