Usai Dimas Kanjeng, Kini Muncul Kanjeng Asi yang Janjikan Menggandakan Uang

0
177

Setelah kemarin sempat heboh penggandaan uang oleh Kanjeng Dimas di Jawa Timur, sekarang muncul kembali pelaku penipuan dengan modus yang sama. Kanjeng Asi (48), berhasil menipu para jemaahnya yang berjumlah 115 orang.

Setelah mendapat laporan dari 10 orang yang mengaku sebagai jemaah pengajian yang sering diadakan oleh Kanjeng Asi, Minggu (2/4). Anggota Polresta Tangerang menangkap Kanjeng Asi di rumahnya, di Perumahan Bukit Cikasungka RT 06/011, Kelurahan Cikasungka, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Senin (3/4) pagi.

Asi sering meminta uang dari para jemaahnya berkisar Rp500.000 sampai Rp7.000.000 sebagai sedekah, dia juga berjanji akan menggandakan uang yang diberikan oleh para jemaahnya. Agar para jemaahnya percaya, Asi memperlihatkan foto uang asing yang berhasil digandakan dengan cara didoakan dan disalatkan selama tiga malam suntuk hingga menjadi banyak.

Para jemaah yang percaya kemudian diberikan satu karung daun kering yang dijanjikan akan berubah menjadi uang setelah didoakan. Tetapi, setelah 1 minggu daun-daun yang diberikan Kanjeng Asi tidak juga berubah menjadi uang dan kemudian melaporkan ke pihak yang berwajib atas kasus penipuan.

“Tersangka terancam pasal 378 KUHP dan atau pasal 372 KUHP pidana dan Undang-Undang No 8 Tahun 2010 tentang tindak pidana pencucian uang dengan ancaman hukuman selama 20 tahun,” ujar Kapolresta Tangerang, Kombes Pol Asep Edi Suheri.