Untuk Menghindari Gesekan Patung Guan Yu Ditutup Kain

0
81

Penutupan patung Dewa Perang asal Tiongkok Kong Co Kwan Sie Teee Koen di Klenteng Kwan Swie Bio Kabupaten Tuban, Jawa Timur, atas permintaan pengurus klenteng untuk meredam suasana.

Kepala Badan Kesbangpol Pemkab Tuban Hari Sunarno menjelaskan penutupan patung dengan kain putih dilakukan sejak sehari lalu. Patung itu setinggi 30,4 meter dengan lebar sekitar lima meter dari kepala hingga kaki belum termasuk dasar pondasi.

Pengurus klenteng memperoleh masukan dari Forpimda juga Forum Kerukunan Umat Beragama (FUB) yang menggelar rapat untuk mengatasi gejolak di masyarakat yang menolak keberadaan patung itu.

Untuk Menghindari Gesekan Patung Guan Yu Ditutup Kain

“Forpimda juga FUB meminta pengurus klenteng bisa meredam memanasnya penolakan patung klenteng yang terus bergulir di media sosial. Oleh karena itu caranya patung ditutup dengan kain putih,” kata dia menjelaskan.

Baca juga : Nasa Dapat Surat Lamaran Kerja Dari Anak 9 Tahun 

Dengan adanya pekerjaan penutupan patung juga protes dari sejumlah elemen masyarakat yang menolak keberadaan patung itu maka Klenteng Kwan Sing Bio di Kelurahan Latsari di Kecamatan Kota, ditutup untuk pengunjung terutama wisatawan.

Keberadaan patung raksasa yang mulai dibangun sejak September 2016 itu menghabiskan dana tak kurang dari Rp 2,5 miliar.

Patung setinggi 30 meter dengan dominasi warna hijau, kuning emas, dan coklat ini juga dihias ornamen Ular Naga di bawahnya. Makin menambah daya tarik wisatawan yang datang ke Tuban