Toleransi Beragama di Sepak Bola Indonesia Jadi Pembicaraan Dunia

0
251

Tim sepakbola asal Pulau Dewata, Bali United sempat membuah heboh jagad internasional. Bukan karena prestasi, tetapi lantaran toleransi tiga pemainnya dalam laga lanjutan Go-Jek Traveloka Liga 1 2017 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Minggu (4/6) lalu.

Mereka adalah Miftahul Hamdi, Ngurah Nanak, dan Yabes Roni Malaifani.

Ketiganya merayakan gol yang dilesakkan Irfan Bachdim ke gawang Perseru Serui pada menit ke-86.

Hamdi yang beragama Islam langsung bersujud, sedangkan Yabes yang merupakan penganut Kristen berdoa sesuai tata cara agamanya. Sementara itu, Ngurah yang merupakan penganut agama Hindu berdoa sambil berdiri. Dalam agama Hindu, sikap Ngurah disebut Muspa Puyung untuk mengucapkan syukur kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

Momen humanis dan penuh suasana toleransi beragama itu membuat media-media olahraga luar negeri beramai-ramai memberitakan. Momen ini juga berhasil ditangkap dengan baik oleh fotografer koran ini, Miftahuddin Halim.

Tak hanya itu saja, momen tersebut juga viral di media sosial (medsos) misalnya, akun Twitter Sporf yang menulis status, CLASS: @BaliUtd celebrate their goal vs @PerseruSerui. Three faiths, one team.

Sementara itu, akun Instagram 101greatgoals menulis status, Quality photo of 3 Bali United players with different faiths celebrating a goal last night.