Tim Saber Pungli Resmi Dibentuk Oleh Presiden Jokowi

0
320

Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyatakan, pemerintah pusat akan mengendalikan pola kerja Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli).

Presiden Joko Widodo, pada Jumat (21/10) akan menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) yang akan menjadi payung hukum Tim Sapu Bersih Pungl‎i. Tim terdiri atas Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai leading sector, Kejaksaan Agung, dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB).

“Kepala daerah adalah perpanjangan tangan pemerintah pusat. Di daerah ada juga Kajati, Kapolda. Tetapi sementara dalam waktu tiga bulan ini, semua kendali dilakukan dari pusat,” kata Pramono di Istana Negara, Jakarta, Kamis (20/10).

Pramono menyatakan, Presiden Jokowi telah menyampaikan kepada seluruh jajaran gubernur bahwa Tim Saber Pungli akan melakukan tugas secara terus-menerus untuk memberantas praktik pungutan liar.

Presiden Jokowi sudah menyampaikan kepada para gubernur langkah tegas pemerintah memberangus praktik pungli.

Perintah itu, lanjutnya, akan diteruskan para gubernur kepada para bupati/wali kota. “Tim Saber Pungli ini secara terus-menerus akan melakukan tugasnya sampai di daerah-daerah. Bukan hanya Kementerian/Lembaga atau siapa pun yang berkaitan dengan pelayanan publik, tapi juga harus ke dalam,” kata Pramono.