Tidak Akan Ada Reshuffle Kabinet Jokowi Jilid III

0
216

SEJAK akhir bulan lalu hingga awal tahun ini, sekonyong-konyong tersebar akan isu reshuffle atau perombakan kabinet lagi untuk kali ketiga. Dengar-dengar, Partai Gerindra akan turut dimasukkan ke pemerintahan dan tak lagi jadi oposisi.

Sebelumnya, beberapa partai eks Koalisi Merah Putih (KMP) seperti Partai Golkar dan PAN, sudah lebih dulu membelot dan gabung ke pemerintahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Setelah keduanya, kini giliran Partai Gerindra yang dikabarkan akan diajak gabung juga.

Hal ini tercetus saat Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Arief Poyuono, menyatakan dia mendapat informasi yang valid, bahwa Gerindra ditawarkan posisi di tiga kementerian. (Baca: Isu Reshuffle Jilid III, Gerindra Dapat Jatah 3 Menteri di Kabinet Jokowi)

“Saya belum dengar adanya tawaran untuk bergabung di pemerintahan Joko Widodo, sebab biasanya Pak Prabowo (Subianto, Ketum Partai Gerindra) pasti menginformasikan kepada para pengurus pusat,” terang Arief dihubungi wartawan, Selasa 3 Januari 2017

“Tapi saya sudah dapat info A1 dari orang dekat Pak Joko Widodo, bahwa Gerindra ditawarkan empat posisi di pemerintahan, yaitu Menkopolhkam, Menteri Pertanian, Menteri Tenaga Kerja dan Kepala Staf Presiden (KSP),” sebut Arief.

Sejatinya soal isu Reshuffle Kabinet Jilid III ini, sebelumnya sudah pernah dibantah Presiden Jokowi sendiri, di sela-sela kunjungan ke Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, 29 Desember 2016.

“Enggak ada (rencana reshuffle), enggak ada,” tegas Presiden Jokowi kala itu. Hal senada juga kemudian diungkapkan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) RI Pratikno, kendati dijelaskan bahwa memang ada evaluasi terhadap kinerja kabinet.

“Aku juga heran, kok ada obralan soal itu? Dari mana ya sumbernya? Ya masalah (evaluasi) itu kan presiden selalu punya masukan yang banyak. Tapi tidak ada spesifik dikaitkan dengan reshuffle. Setahu saya begitu, tidak ada,” timpal Mensesneg.

Kendati begitu, rumor ini tetap “mengudara” sampai akhirnya pihak Istana melalui Sekretaris Kabinet Pramono Anung, di mana dia menyampaikan bahwa takkan ada Reshuffle Jilid III dalam waktu dekat. Case closed!

“Bagian yang paling menggembirakan para menteri, Presiden menegaskan bahwa tidak ada reshuffle kabinet. Sehingga dengan demikian, teman-teman (wartawan) sekalian tidak usah mengejar-ngejar lagi,” cetus Pramono di Istana Bogor, Rabu 4 Januari.

“Karena Presiden dalam awali rapat ini menegaskan bahwa tidak ada reshuffle kabinet. Kecuali yang memang perlu di-reshuffle dalam beberapa hal. Jadi tidak ada reshuffle dalam waktu dekat,” tutupnya.