Terkait Aksi Bakar Karangan Bunga Ahok, Presiden KSPI Ingin Bantu Bersihkan Balai Kota

0
99

Buruh membakar karangan bunga untuk Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) saat perayaan Hari buruh Internasional 1 Mei 2017. Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan aksi tersebut untuk membantu Ahok, membersihkan kawasan balai kota.

“Itu sedang membantu gubernur supaya sampahnya enggak banyak,” ujar Said Iqbal kepada wartawan.

Said mengatakan aksi pembakaran karangan bunga kemungkinan dipicu kekesalan buruh karena polisi memblokade jalan menuju istana presiden.

“Suasana panas kemudian polisi memblokade. Padahal buruh aksi itu sudah sesuai UU di mana kita sudah mendapat tanda terima dari Mabes Polri, tapi kan di blokade,” jelasnya.

Ketua Departemen Informasi Komunikasi dan Media KSPI Kahar S Cahyono menyatakan massa KSPI tidak terlibat dalam aksi pembakaran karangan bunga.

Saat peristiwa itu terjadi, Kahar sedang berada di kawasan Patung Kuda bersama ratusan massa buruh lainnya. Sementara peristiwa pembakaran karangan bunga itu terjadi di depan Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan dan di dekat gedung Kementerian Pariwisata, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Puluhan karangan bunga dibakar massa aksi siang tadi. Aksi pembakaran karangan bunga ini menjadi pembicaraan di media sosial.

Video pembakaran karangan bunga beredar di media sosial, tampak tak jauh dari lokasi pembakaran terdapat mobil komando bertuliskan Federasi Serikat Pekerja Logam, Elektronik, dan Mesin Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP LEM PSI) DKI Jakarta.

“Kita awali May Day ini dengan bersih-bersih Balai Kota,” teriak orator dari mobil komando.

Sementara itu tampak berlarian buruh yang menumpuk dan membakar karangan bunga hingga api membumbung tinggi.

Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Jupan Royter menyatakan Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Pekerja Logam, Elektronik dan Mesin Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP LEM SPSI) Idrus mendatanginya dan menyampaikan permohonan maaf atas pembakaran karangan bunga.

“Dia datang meminta maaf mengatakan pembakaran bunga sebagai aksi spontan dan tidak disengaja,” kata Jupan .

Jupan menjelaskan dia mendapatkan informasi pembakaran karangan bunga saat berada di Balai Kota. Dia segera mendatangi lokasi pembakaran bunga di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat dan melihat personel Satpol PP yang berupaya memadamkan karangan bunga yang terbakar.

Lokasi peristiwa pembakaran bunga di kawasan balai kota, dekat dengan kantor Dinas Pemadam Kebakaran Gambir, sehingga otomatis tim pemadam turun tangan.

“Sekitar 10 menit, api berhasil dipadamkan,” kata Jupan.

Di luar insiden pembakaran karangan bunga, demo buruh berlangsung damai. Belasan ribu buruh berasal dari Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi meramaikan demo di ibu kota.