Suami Mirna Beri Uang 140 Juta ke Peracik Kopi?

0
560

Kabar pertemuan suami Wayan Mirna Salihin, Arief Soemarko dengan peracik kopi Vietnam, Rangga Dwi Saputra, sehari sebelum Mirna meninggal, menjadi perbincangan heboh. Tak hanya itu, Arief juga dikabarkan mentransfer uang sebesar Rp 140 juta kepada Rangga, barista kafe Olivier.

Dalam duplik yang dibacakan Jessica Kumala Wongso di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, terdakwa pembunuh Mirna itu menyebut kuasa hukumnya mendapatkan informasi bahwa Arief Soemarko memberikan bungkusan hitam yang diduga berisi uang Rp 140 juta kepada Rangga.

Tujuannya agar orang yang menerima uang tersebut mau memasukkan sianida ke dalam es kopi Vietnam Mirna. Hal tersebut disampaikan Jessica dalam duplik.

Setelah itu, Arief dan Rangga mendatangi Polda Metro Jaya untuk berkonsultasi. Namun, keduanya baru resmi melaporkan kasus yang dianggapnya sebagai fitnah itu setelah hakim menjatuhkan vonis kepada Jessica Kumala Wongso.

Arief membantah memberikan bungkusan hitam kepada Rangga di parkiran Sarinah pada tanggal 5 Januari 2016 atau sehari sebelum Mirna meninggal. Arief menyebut, pada saat itu dia seharian bersama saudaranya.

Sementara itu, salah seorang anggota tim kuasa hukum Jessica, Hidayat Boestam menilai wajar langkah Arief dan Rangga melapor ke polisi. “Itu hak dia untuk melapor,” kata dia.

Boestam mengatakan bahwa pengakuan Jessica tersebut merujuk pada permintaan majelis hakim untuk memberikan informasi sekecil apapun terkait kasus tersebut.

Tapi, kata dia, kebenaran dari peristiwa pemberian uang itu belum bisa dipastikan. yang jelas, lanjut dia, setelah sidang beragendakan pemeriksaan terdakwa, dirinya beberapa kali ditelepon seorang informan bernama Amir Papalia.

Amir mengaku melihat Rangga bertemu dengan Arief sehari sebelum Mirna meninggal di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat.

Nah, kemudian pada 18 Oktober 2016, Boestam bertemu dengan salah satu wartawan yang menceritakan kesaksian Amir. Merasa penting, percakapan itu direkamdan dijadikan materi dalam duplik.

Boestam juga tidak menampik bahwa informan tersebut pernah menemui Rangga dan bertanya soal uang yang diterima dari Arief. Namun dengan tegas Rangga menyatakan tidak menerima apapun dari Arief.