Stiker Call Center di Mesin ATM Bisa Rekam PIN untuk Kuras Saldo Tabungan?

0
452

Pesan berantai soal adanya stiker call center sebuah bank yang ditempel di mesin ATM bisa merekam nomor PIN beredar di media sosial. Pesan itu disebutkan bersumber dari Bank Indonesia.

Disebutkan dalam pesan tersebut, stiker call center bisa merekam pin dan memiliki program untuk menguras rekening si pengguna ATM.

Berikut broadcast lengkapnya:

INFO dari Bank Indonesia:

Apabila anda punya rekening BANK MANDIRI, BANK BNI, BANK BCA, dan ingin ambil uang di ATM, sedangkan di ATM ada stiker Call Mandiri dgn No, Telp 02133131777, jangan masukkan kartu ATM anda. 

Cabut stiker itu, karena stiker itu dapat merekam PIN anda juga berisi program untuk menguras saldo rekening dlm mesin ATM. 

Mohon disebarkan ke teman² & family, Itu adalah sindikat baru di Jakarta, Jogja, Surabaya dan Medan. 
Sudah banyak korban…
semoga bermanfaat…! 

Ini info dari pejabat BI Jakarta. 
Info ini valid karena hari ini terjadi kegaduhan di RSCM Jakarta, banyak pegawai dan dokter RSCM rekening mandiri ditarik dalam jumlah besar padahal mereka tdk bertransaksi. 

Akhirnya Bank Mandiri mengganti mesin ATM tsb… berita ini ada di Liputan 6 SCTV tadi malam (mohon di perhatikan). terima kasih.

Investigasi:

detikcom mengkonfirmasi kebenaran informasi ini ke Bank Indonesia (BI) sebab dalam pesan itu disebutkan sumber informasi berasal dari pejabat BI Jakarta. Hasilnya kabar tersebut tidak benar.

“Itu hoax,” kata Deputi Direktur Departemen Komunikasi BI, Andiwiana S saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (18/10/2016).

Andiwiana mengatakan kabar tersebut sudah ada sejak lama. Namun pesan tersebut muncul kembali.

“Itu broadcast sudah dari dua tahun lalu,” katanya.

Masyarakat diharap tidak mudah percaya pada informasi yang belum jelas kebenarannya. Lebih baik memastikan kebenaran informasi terlebih dahulu baru kemudian menyebarkannya daripada menyebabkan informasi tetapi info tersebut tidak benar.


Kesimpulan:

Kabar soal stiker call Mandiri 02133131777 yang tercantum di mesin ATM yang bisa membaca kode untuk menguras rekening adalah tidak benar atau hoax.