Sangat Tidak Pantas Perdebatan Pro dan Kontra Sosok Pahlawan di Mata Uang Baru

0
516

Pro dan kontra soal uang baru yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia kembali terjadi, setelah adanya permasalahan ‘pahlawan kafir’ kini netizen juga mempertanyakan salah satu pahlawan yang dipilih dan menghiasi uang Rp10 ribu. Sayangnya, banyak netizen yang tak tahu malah menghina salah satu pahlawan yang sudah sangat berjasa untuk kemerdekaan negeri ini.

Jasa-jasa pejuang asal Papua, Frans Kaisiepo yang menghiasi uang Rp10 ribu pun dipertanyakan. “Pak Jokowi. Sebenarnya gambar pada uang ini gambar siapa? Ko lancang sekali berani nyitak uang serem begini! Anak saya sampai ketakutan melihatnya, disuruh pegang aja dia nggak mau. Dia bilang #GambarHantu,” tulis pemilik akun Facebook Bayu Kumbara Arief.

Namun banyak pula netizen yang tak terima ketika pahlawan yang mereka banggakan dihina. “Saya berani jamin yang ngatain itu kalau bukan mantan siswa bodoh di kelas, siswa tidak naik kelas, atau siswa tulalit atau yang nggak sekolah mungkin karena semboyan mereka bodoh dipelihara, yang tiap hari kalau gitu tawuran ya cabe-cabean di pinggir jalan,” komentar pemilik akun Facebook Ardens Goszal.

Kini ramai-ramai netizen pun mem-posting soal berbagai hal tentang Frans Kaisiepo. “Jauh sebelum ribut-ribut soal kemunculan Frans Kaisiepo di uang Rupiah pecahan 10.000 di tahun 2016 ini, nama beliau sudah lebih dahulu disematkan ke salah satu dari empat korvet kelas SIGMA TNI AL yang sudah aktif sejak tahun 2009,” tulis pemilik akun Facebook Rully Pradana Putera.

“Empat kapal tersebut adalah KRI Diponegoro 365, KRI Hasanuddin 366, KRI Sultan Iskandar Muda 367 dan KRI Frans Kaisiepo 368. KRI Frans Kaisiepo ini pernah berpartisipasi dalam patroli maritim UNIFIL di Lebanon dan pencarian Indonesia AirAsia QZ8501,” tambah Rully.

“Jadi, sebelum loe mengejek orang lebih baik tanya dulu diri loe sendiri. Jasa apa yang sudah loe berikan pada negara dan bangsa ini? Nama loe sudah diabadikan di kapal TNI AL? Foto loe sudah diabadikan di uang Rupiah?” tegas Rully. Jadi ada yang masih bertanya siapa itu Frans Kaisiepo?

Dilansir dari akun Twitter @TweetMiliter, dijelaskan bahwa Frans Kaisiepo adalah tokoh Pejuang Kemerdekaan asal Papua. Ia lahir di Biak, Papua, Hindia Belanda pada 10 Oktober 1921. Frans Kaisiepo mengorganisir berbagai Resistance movement di Papua melawan Kolonial Belanda. Beliau juga tercatat ikut andil dalam Trikora, Tri Komando Rakyat. Frans Kaisiepo meninggal dunia pada 10 April 1979, jenazahnya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Cendrawasih, Biak, Papua.