Replika Miniatur Pesawat R 80 di Bekraf Habibie Festival JIEXPO

0
160
Pesawat R 80 hasil karya Bj Habibie

Pada hari ini Senin, (7/8/2017) siswa-siswi sekolah dasar bisa datang untuk melihat replika miniatur pesawat R 80 hasil karya Habibie di Pameran Bekraf Habibie Festival, JIEXPO.

Siswa-siswi Sekolah Dasar sedang melihat miniatur pesawat R 80
Siswa-siswi Sekolah Dasar sedang melihat miniatur pesawat R 80

Sejak tahun 2012, Prof Dr BJ Habibie serta putranya Ilham Habibie sudah mendirikan perusahaan Indonesia yang bernama Regio Aviasi Industri (RAI) yang bertujuan untuk mengembangkan pesawat turboprop regional.

Pesawat itu akan menjalani uji coba terbang dan sertifikasi pada 2019 mendatang dan dijadwalkan memasuki pasar pada tahun 2021. Pameran pesawat R80 ini adalah salah satu dari 145 pesawat dari jenis yang berbeda di pameran tersebut.

Baca juga : 7 Tokoh Indonesia Ini Tercatat Pernah Jadi Cover Majalah Time

Dalam Festival JIEXPO ini, Pesawat R 80 karya Ilham Habibie dipamerkan beserta produk teknologi lainnya. Sejumlah maskapai direncanakan akan memakai pesawat ini. Pesawat ini rencananya mampu mengangkat hingga 80 penumpang.

Pesawat ini pun telah di banjiri pesanan yang datang dari maskapai penerbangan dalam negeri, seperti Nam Air (100 unit), Kalstar (25 unit), dan Trigana Air (20 unit).

Untuk anggaran pembuatan pesawat tersebut, diperkirakan akan memakai dana sebesar US$ 180 juta – US$ 200 juta per unitnya.

Miniatur Pesawat R 80
Miniatur Pesawat R 80

Baca juga : Bangun Indonesia, Ini Daftar 55 Proyek Nasional Jokowi Dari Tol Hingga Pesawat

Pesawat ini ramah lingkungan, dan akan menjadi tipe pesawat terbaik untuk operasi rute pendek-menengah dengan kecepatan yang lebih tinggi, serta penanganan kualitas yang sangat baik.