Polisi Jamin Keamanan Aksi Super Damai 2 Desember 2016

0
481

Setelah beberapa waktu yang lalu sempat dihimbau pihak kepolisian untuk tidak menyelenggarakan Aksi 2 Desember 2016karena akan dilangsungkan di Jalan yang akan mengganggu kenyamanan para pengguna jalan. Kini pihak Kapolri, GNPF dan MUI telah memiliki sebuah solusi atas permasalahan tersebut dan demo 2 Desember 2016 akan tetap dilangsungkan.

Sesuai dengan kesepakatan tersebut unjuk rasa yang bertajuk Aksi Bela Islam Jilid III ini bakal dilaksanakan di Monas. Kesepakatan ini diperoleh karena Monas dinilai mampu menampung seluruh massa yang datang untuk turut serta aksi bela islam Jilid III tersebut.

Meski aksi tersebut telah disepakati akan berlangsung secara damai pihak kepolisian dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto mengungkapkan bahwa aksi tersebut tetap bakal diiringi dengan pengamanan yang terjamin dari pihak kepolisian. Hal ini untuk mengantisipasi hal – hal yang tak diinginkan dalam aksi yang dihelat pada Jumat mendatang tersebut.

Sesuai dengan kesepakatan yang telah disetujuai aksi bea islam jilid III akan berjalan dengan aktifitas keagamaan yakni seperti zikir, tausiah, doa bersama, dan ditutup dengan shalat Jumat. Untuk mengantisipasi massa yang membludak Polri telah menyiapkan Jalan Merdeka Selatan untuk menampung masyarakat yang sudah tidak dapat masuk Monas namun ingin mengikuti aksi tersebut.

Rizieq Shihab selaku Ketua Front Pembel Islam yang sekaligus merupakan Ketua Dewan Pembina Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia mengungkapkan bahwa aksi 2 Desember 2016 mendatang merupakan aksi yang murni untuk menuntut sebuah keadilan dan penegakan hukum secara adil dan terbuka. Dimana massa yang datang akan menuntut agar kasus dari Basuki Tjahaja Purnama dapat segera dilimpahkan ke pengadilan dan diselesaikan secara cepat.

Aksi yang akan berjalan mulai dari 08.00 WIB hingga pukul 13.00 telah dijamin oleh Rizieq Shihab sendiri akan berlangsung secara damai dan tak ada kericuhan sama sekali seperti pada sebelumnya. Akan tetapi berkaca pada aksi yang telah berlangsung sebelumnya , peserta aksi bela islam jilid III harus tetap waspada akan adanya provokator yang masuk dalam aksi damai tersebut.

Sementara itu pihak kepolisian tak hanya akan mengamankan daerah disekitar Monas melainkan juga dibeberapa titik yakni salah satunya adalah jalur protokol Sudirman – Thamrin. Untuk jumlah pengamanan yang akan diturunkan oleh pihak kepolisian memang hingga saat ini belum ditentukan. Namun pastinya jumlah keamanan bakal disesuaikan dengan massa yang hadir untuk aksi bela islam jilid III.