Negara Thailand Berkabung Selama Setahun atas Meninggalnya Raja Bhumibol

0
470

Masyarakat Thailand kini tengah berduka, raja yang dicintai mereka, Bhumibol Adulyadej dinyatakan telah meninggal dunia setelah sebelumnya dikabarkan dalam kondisi kritis. Setelah di rawat di Rumah Sakit Siriraj, Bangkok, akhirnya Raja Thailand Bhumibol Adulyadej menghembuskan nafas terakhirnya pada Kamis (13/10/2016) sore.

Dilansir dari Reuters, pemerintah Thailand telah menetapkan masa berkabung selama satu tahun penuh, dan akan dimulai pada Jumat 14 Oktober 2016. “Beliau meninggal dengan tenang pada pukul 15.52 di RS Siriraj,” demikian pernyataan Biro Rumah Tangga Kerajaan Thailand.

Raja kesembilan dari Dinasti Charki ini meninggal di usia 88 tahun, Raja Bhumibol Adulyadej tercatat sebagai monarki paling lama berkuasa di dunia. Sudah 10 tahun terakhir kondisi Raja Bhumibol menurun, hingga akhirnya pada awal 2016 ini dokter meminta untuk Raja Bhumibol dibebas tugaskan dari tugas kerajaan.

Semasa hidupnya Raja Bhumibol Adulyadej yang lahir di Cambridge, Massachusetts, AS pada 5 Desember 1927 ini suka sekali dengan fotografi, bermain saksofon, melukis, dan menulis