Nama Anak Mantan Presiden SBY Disebut-Sebut Dalam Kasus Persidangan Korupsi

0
128

Mantan Wakil Direktur Keuangan Permai Group, Yulianismengungkapkan adanya sebutan teman bagi Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas.

Hal itu dikatakan Yulianis yang menjadi saksi kunci kasus korupsi wisma atlet saat memberikan keterangan kepada Pansus Angket KPK, Jakarta, Senin (24/7/2017).

Yulianis mengaku dua mantan komisioner KPK yakni Abraham Samad (AS) dan Bambang Widjojanto (BW) menolak memanggil Ibas terkait kasus yang menimpa Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin..

“Komisioner saat itu Pak AS dan BW menolak. Katanya itu adalah seorang teman jadi saya juga bingung, pemanggilan itu jadi kayak pemilahan, ini teman, ini bukan. Ini bukan teman jadi dipanggil gitu,” kata Yulianis.

Yulianis mendapatkan cerita tersebut dari penyidik KPK.

Ia sempat bertanya kepada penyidik KPK alasan Ibas tidak dipanggil dalam kasus yang melilit Muhammad Nazaruddin.

“Kenapa saudara Edhi Baskoro tidak dipanggil karena yang nyebut Edhi Baskoro itu bukan saya doang. Tapi ya jawabannya itu. ‘Ditolak bu, karena menurut kominsioner itu adalah teman.’ Saya jadi suka tertawa sampai sekarang,” kata Yulianis.

Selain itu, Yulianis mengungkapkan hanya sedikit proyek Nazaruddin yang diperiksa KPK, Kejaksaan, maupun kepolisian.

“Dari 162 proyek penanganan kasus di kejaksaan 9 kasus, kepolisian 15 kasus, di KPK 5 kasus. Dari total 29 kasus baru 18 persen yang diperiksa penegak hukum. Dari KPK baru 5 tapi pengembangannya banyak. Tapi untuk Nazar sendiri cuma Wisma Atlet. Yang di lain proyek tidak terkena,” kata Yulianis.