Meski Gagal Juara, Timnas Indonesia Masih Jadi Juara di Hati Rakyat

0
223

Indonesia gagal menjuarai Piala AFF 2016 setelah kalah aggregat 2-3 dari Thailand. Tapi, perjuangan Merah Putih selama mengikuti partai final, khususnya saat leg kedua di Rajamangala Stadium tetap mendapat pujian.

Harapan Indonesia untuk menjadi yang terbaik di Asia Tenggara kandas setelah tumbang 0-2 dari Thailand. Padahal Pasukan Garuda tinggal sedikit lagi jadi juara lantaran sempat menang 2-1 pada leg pertama di stadion Pakansari.

Ini kelima kalinya Indonesia terjungkal di Piala AFF, mengkuti edisi 2000, 2002, 2004 dan 2010. Seakan armada Alfred Riedl tidak bisa melepaskan predikatnya sebagai spesialis runner-up.

Meski demikian, perjuangan Boaz Solossa dkk tetap mendapat pujian dan apresiasi. Ribuan netizen mengucapkan terima kasih di jejaring sosial atas kerja keras skuat Indonesia. Tagar seperti #Timnas, #Timnas Indonesia, #Ayo Indonesia, #Garuda dan # TerimaKasihIndonesia bermunculan di twitter.

Sejumlah tokoh penting, selebritis sampai orang nomor satu di Indonesia tidak ketinggalan menyatakan rasa terima kasihnya. Presiden Joko Widodo mencoba memberi pujian pada para pemain.  “Jangan patah arang. Ambil pelajaran atas kekalahan. Timnas Indonesia tetaplah semangat-jkw,” tulisnya di akun Joko Widodo@jokowi.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi ikut memberi pujian. Di akun Imam Nahrawi@imam_nahrawi tertulis “Apapun itu, terima kasih u/ (untuk) Timnas Indonesia atas perjuangannya,”

Dede Yusuf dan Glen Fredly termasuk selebritis yang juga memberikan sanjungan pada Indonesia. “Trimakasih TIMNAS, walau Piala AFF blm berhasil diboyong, namun semangat kalian telah menjadi kebanggaan kita semua… selamat kpd Timnas,” tulis Dede Yusuf. ST, M.IP@dedeyusuf_1.

Sedangkan Latuihamallo ‏@GlennFredly menulis “Terimakasih timnas atas perjuangannya sampai final.. Thailand layak juara,”. Tidak hanya itu, ribuan ungkapan rasa bangga atas perjuangan Indonesia terus mengalir.