Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati Jadi Top Influencer 2017

0
113

Indonesia Indicator (I2) melaunching tokoh perempuan sebagai ” top influencer ” di 2017. Penilaian ini didasarkan pada 14 juta berita yang diwartakan 1. 525 media on-line di Indonesia selama 1 Mei 2016 hingga 16 April 2017.

“Influencer bisa dikatakanpihak yang punya pengaruh lantaran penyataannya disebarluaskan oleh media, serta punya potensi membuat opini umum, ” tutur Direktur Komunikasi I2 Rustika Herlambang dalam launching.

Satu tahun paling akhir, sambung Rustika, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati terdaftar sebagai top influencer, dengan kata lain profil yang paling banyak diambil pernyataannya di media.

Nama Sri Mulyani juga baru meroket di th. ini. Dari sejumlah 14 juta kabar berita 1. 525 media on-line itu, pernyataan Sri Mulyani Indrawati paling banyak diambil di semua media berbahasa Indonesia, yaitu meraih 99. 218 pernyataan.

Posisi top influencer ke-2 dihuni Retno Marsudi dengan 70. 155 pernyataan. Posisi ketiga dihuni Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dengan 59. 950 pernyataan, serta posisi ke empat dihuni Menteri Kelautan serta Perikanan Susi Pudjiastuti 52. 499 pernyataan.

Tokoh perempuan yang lain yang masuk 10 besar influencer media berturut-turut yaitu Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (47. 533 pernyataan), serta Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (40. 820 pernyataan).

Lantas ada Jubir KPK Yuyuk Andrianti 38. 526, Menteri BUMN Rini Soemarno (33. 110 pernyataan), Kabid Humas Polda Sumatra Utara Rina Sari Ginting (29. 975 pernyataan), dan Menko PMK Puan Maharani (26. 107 pernyataan).

“Munculnya beberapa nama baru dan penambahan jumlah perempuan dalam daftar orang paling punya pengaruh dalam memberi wacana di media pantas diapresiasi. Ruangan umum, sekurang-kurangnya ruangan kabar berita di media makin berkelanjutan berusaha tingkatkan akses untuk perempuan, ” ungkap Rustika.

Rustika mengungkap, usaha perempuan menembus paper ceiling atau tantangan supaya media memberi ruangan serta mengutip pernyataan dari tokoh perempuan, di th. ini tampak tambah baik dari th. lantas.

Dari hasil penelitian I2, 2016 lantas, pada penelurusan 100 nama paling atas, cuma ada 5 orang perempuan. Sedang di th. ini, jumlah itu bertambah jadi 12 orang.

Didominasi Artis

I2 juga lakukan penelitian pada 165 profil perempuan dari 2500 urutan nama yang paling banyak dikabarkan media berdasar pada profesinya.

Walau urutan paling atas influencer didominasi petinggi, tetapi dari segi jumlah, profesi artis menyumpang jumlah semakin banyak. Dari 165 nama itu, 50 nama salah satunya yaitu nama artis.

Temuan ini dapat tunjukkan kalau perempuan dalam dunia hiburan masihlah memperoleh jumlah paling banyak. “ Julia Perez adalah profil artis perempuan dengan pernyataan paling banyak diambil oleh media, ” papar Rustika.

Posisinya pas dibawah Sylviana Murni, yaitu di urutan ke-14 dari semua profil perempuan yang paling banyak diambil oleh media.

Dua artis lain yang pernyataannya paling banyak diambil yaitu Nikita Mirzani serta Ayu Ting-Ting. Ketiga nama ini masuk dalam daftar 25 top influencers.