Menilik Bisnis Andi Narogong Tersangka Korupsi e-KTP

0
171
Menilik Bisnis Andi Narogong Tersangka Korupsi e-KTP

Inayah, istri Andi Agustinus alias Andi Narogong, mengungkapkan sejumlah bisnis suaminya di bidang garmen dan properti.

Baca Juga : Paspor Korban First Travel Sebanyak 2.229 Dikembalikan

Sedangkan usaha yang dikelola Inayah adalah bidang pengadaan logistik TNI AD dan Polri.

“Pekerjaan suami itu swasta di bidang garmen, karoseri, SPBE (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji) serta properti,” kata Inayah dalam sidang di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin.

Inayah bersaksi untuk Andi Narogong yang didakwa mendapatkan keuntungan 1,499 juta dolar AS dan Rp1 miliar dalam proyek pengadaan KTP-Elektronik (KTP-E) yang seluruhnya merugikan keuangan negara senilai Rp2,3 triliun.

Inayah mengaku menikah dengan Andi sejak tahun 2005 dan sejak itu keduanya tinggal serumah di Tebet, Jakarta Selatan. Namun Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK mengatakan bahwa pernikahan keduanya tidak tercatat.

“Secara hukum negara yang bersangkutan tidak punya akta resmi sudah melakukan pernikahan,” kata JPU KPK Irene Putri.

Inayah mengaku sering mendapatkan transfer uang maupun cek dari Andi Agustinus.

“Saat diperiksa di penyidikan diajukan pertanyaan sejumlah aset kepunyaan Andi misalnya 1 unit Range Rover sport hitam 2015 B 1200 punya Andi, 1 unit Toyota Alphard B 30 punya Andi, aset tanah dan bangunan di Tebet Timur dan aset lainnya sebanyak 18 unit, benar punya Andi?” tanya hakim Jhon.

“Betul,” jawab Inayah.

Selain perusahaan dan aset tanah dan bangunan, Inayah juga punya sejumlah perusahaan yaitu PT Selaras Korin Pratama, PT Maya Properti Indonesia dan PT Prasetya Putra Naya.

Selain bisnis perlengkapan TNI AD dan Polri, Inayah juga punya usaha lain yaitu Inayah salon, klinik Adora, serta usaha kos-kosan.

Andi bukan hanya kerap mentransfer uang ke rekening Inayah tapi juga ke rekening adiknya, Raden Gede.