Menhub Siapkan Angkutan Gratis Untuk Pemudik Lebaran 2017

0
222

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau beberapa calon pemudik Lebaran 2017, terlebih yang memakai kendaraan roda dua (sepeda motor), agar memakai sarana mudik gratis baik yang didapatkan pemerintah atau pihak swasta.

” Kami berharap dengan mudik gratis motor dan orang yang bisa membawa sejumlah 208 ribu orang. Kami berkelanjutan pakai angkutan mudik yang lain, ” tutur Budi, didapati di Istana Kepresidenan Bogor, Senin petang, 29 Mei 2017.

Menurut Budi, ada penambahan pemakaian sepeda motor yang penting sampai sebesar 10 %. Diluar itu, pertumbuhan angkutan hawa bertambah 9 %, akan di dukung dengan kontrol kelaikan sarana bandara atau ramp check untuk kenyamanan dan keamanan penumpang.

Kementerian Perhubungan juga merekomendasikan agar pemudik memakai tiga jalur, yakni Pantura, Tol Cipali, dan jalur selatan.

” Bahkan juga di selatan banyak alternatif. Bahkan juga Panglima TNI menginginkan bantu untuk kerjakan jalan tikus agar berperan. Kami bakal rapat lagi dan bakal minta Basarnas sediakan helikopter di Cipali, ” tutur Menhub juga.

Budi merekomendasikan agar beberapa pemudik memakai dua jalur alternatif terkecuali Tol Cipali, untuk hindari penimbunan kendaraan.

Kepolisian dibantu Dishub bakal memberlakukan system buka tutup di Tol Cipali, bila jalur itu telah berlangsung penimbunan kendaraan.

” Saya fikir diprediksikan jalan di selatan telah bagus, lintasan telah bagus. Tinggal pakai tiga jalur, yakni utara, tengah, dan selatan, ” papar Menhub buat beberapa pemudik Lebaran 2017. ” Pulanglah lebih awal, dan buat persiapan kendaraan dengan baik. “