Megawati Mulai Siapkan Nama Untuk Calon Pimpinan DPR Dari PDI Perjuangan

0
206

PDI Perjuangan tampaknya begitu yakin revisi UU MD3 untuk menambah jumlah pimpinan DPR. Pasalnya, Partai yang diketuai Megawati Soekarnoputri tersebut telah menyiapkan kader untuk di kursi pimpinan dewan kelak.

”Siapa nama yang akan disiapkan PDIP apabila hal itu (Revisi UU MD3, red) terlaksana, ada di mapnya Ibu Mega (Ketua Umum Megawati Soekarnoputri),” kata anggota Fraksi PDIP DPR RI, Masinton Pasaribu.

Lebih lanjut Masinton menegaskan bahwa PDIP tidak mempermasalahkan apabila pembahasan revisi UU MD3 harus diundur hingga Januari 2017 mendatang. Meski, sebenarnya bisa saja disahkan saat rapat paripurna DPR terakhir di 2016 beberapa hari lalu.

Sebab, lanjut anggota Komisi III DPR RI itu, yang diajukan untuk revisi hanyalah dua pasal saja. Namun, hal itu tak bisa dilaksanakan, sehingga akhirnya revisi UU tersebut akan dibahas di tengah masa reses DPR, dan hasilnya baru mungkin disahkan saat pembukaan masa sidang baru.

”Revisi UU MD3 tak bisa dibahas saat paripurna DPR yang terakhir, karena belum ada Surat Presiden (Surpres, Red) menunjuk wakil pemerintah dalam pembahasan,” terangnya.

Dia menjelaskan, Surpres tak bisa dikeluarkan karena Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih berada di dalam perjalanan kerjanya ke luar negeri.

”Secara prinsip, di DPR sudah ada persetujuan. seandainya saat itu ada presiden di tempat, mungkin bisa langsung dibahas. Tapi karena pembahasan RUU itu bersama pemerintah, harus ada Surpres yang saat itu belum bisa keluar,” urainya.