Majelis Ulama Indonesia MUI Tak Ingin Terjebak Konflik Horizontal

0
305

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah berkomitmen menjaga keutuhan bangsa di tengah kondisi carut-marutnya suasana politik bangsa ini.

Hal ini ditegaskan Ketua MUI Jawa Tengah Dr KH Ahmad Darodji MSi usai Sarasehan Internal MUI Jateng di Aula Kantor Sekretariat MUI Jateng di lingkungan Masjid Raya Baiturrahman Semarang. Hadir dan tampil sebagai pembicara Drs Ali Mufiz MPA, Dewan Pembina MUI Jateng dan mantan Gubernur Jateng.

Ali Mufiz berharap MUI mempertahankan khitahnya sebagai pengawal syariat dan akidah. Selain itu juga meminta agar MUI segera menabuh genderang jihad untuk melawan kemiskinan dan pengangguran melalui pendekatan agama.

“Saya prihatin karena kekayaan alam atau sumberdaya yang luar biasa ada di bumi kita ini yang diserap untuk kepentingan rakyat hanya 20 persennya. Oleh karena itu para ulama harus memperjuangkan rakyat miskin, dan tentunya MUI tidak bisa berjalan sendiri, melainkan juga harus bergandeng tangan dengan lembaga-lembaga yang sejalan untuk membangun Indonesia”, ungkap Ali Mufiz.

MUI menurut Ali Mufiz juga harus memiliki bergaining dengan pemerintah dan memiliki posisi strategis menjaga syariat dan sebagai lembaga fatwa. Sehingga MUI tetap konsisten pada khitah dan tidak ditarik-tarik dalam kancah politik.