Lagu Kobarkan Semangat Anies – Sandi Jiplak Lagu Israel

0
213

Belum lama ini masyarakat heboh membicarakan lagu pemenangan milik Anies – Sandi yang berjudul “Kobarkan Semangat”. Lagu tersebut dinilai memiliki kemiripan yang cukup kental dengan lagu milik musisi Israel, Gad Elbaz.

Seperti apa profil penyanyi asal tersebut?

Gad Elbaz, yang memiliki nama lengkap Gad Gaston Elbaz, lahir pada 20 Agustus 1982 silam di Rehovot, Israel. Dalam situs resminya, ditulis bahwa bakat penyanyi Yahudi dalam dunia musik ini sudah terlihat sejak kecil. Di usia empat tahun, ia mulai menyanyi dan menulis musik. Gad Elbaz muncul pertama kali saat menyanyikan “Father I Love You” bersama sang ayah yang juga penyanyi Israel, Benny Elbaz.

Gad Elbaz juga masuk dalam empat CD milik sang ayah, namun kemudian ia memutuskan berpisah dan memulai kariernya sendiri. Setelah menjalani kariernya sebagai penyanyi profesional, Gad berhasil menelurkan banyak album, di antaranya adalah Walk in a Straight Path (1998), Light at the End of the Tunnel (2003), Meanings (2005), Almost Quiet (2006), dan terakhir Between the Drops (2007), hingga terakhir L’Chaim di tahun 2017.

Pada 2013 lalu, Gad Elbaz mengeluarkan sebuah lagu berjudul “Hashem Melech”. Lagu ini lah yang kemudian disebut-sebut netizen sebagai lagu yang sangat mirip dengan lagu “Kobarkan Semangat” dari Anies – Sandi. Dari segi musikalitas, memang keduanya sangat mirip. Nada-nada di bagian intro, song hingga chorus, serta tempo lagu keduanya terdengar sama.

Lagu berjudul “Hashem Melech” tersebut bila diartikan yaitu “Tuhan adalah Raja”. Lagu tersebut berisi puji-pujian umat Yahudi untuk Tuhannya. Dalam video berbagi Youtube, video yang diunggah pada 27 Januari 2013 tersebut ditonton sekitar empat juta kali.

Namun ternyata, Gad Elbaz bukan lah orang pertama yang membuat lagu seperti ini. Setahun sebelum Elbaz, seorang penyanyi Aljazair bernama Khaled merilis lagu bertajuk “C’est La Vie (It’s Life)”, dengan elemen-elemen lagu yang serupa dengan “Hashem Melech”.