Kick off Liga-1 Indonesia Dipastikan Tanggal 15 April 2017

0
127

Meski proses verifikasi Liga 1 belum tuntas, operator PT Liga Indonesia Baru meyakini kickoff kompetisi tidak akan mundur. Sebab jadwal sudah dibuat sejak lama.

Kompetisi Liga 1 akan bergulir pada 15 April 2017. Laga pembuka akan berlangsung pertandingan antara Persib Bandung dan Arema FC di Gelora Bandung Lautan Api, Jawa Barat. Sayangnya ada satu hambatan terkait proses verifikasi klub-klub yang belum tuntas meski jadwal sudah dibuat.

Dari hasil pertemuan dengan Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI), PT LIB belum menyerahkan dokumen apapun yang menjadi persyaratan mutlak dari BOPI. Syarat itu di antaranya legalitas, finansial, Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS) untuk pemain asing, dan masalah pajak.

Seandainya verifikasi yang dilakukan BOPI belum beres, bukan tidak mungkin jadwal liga ikut mundur. Apalagi BOPI sudah menegaskan tidak akan memberikan surat rekomendasi jika verifikasi belum rampung dilakukan.

“Saya pikir kita itu kemarin sudah rapat sama-sama. Kami sudah mempersiapkan itu tanggal 15 harus. Jadi doain supaya ini tetap jalan tanggal 15 dan tidak ada kata-kata mundur,” kata Berlinton Siahaan selaku CEO PT LIB usai bertemu BOPI.

Dia juga menegaskan jika kickoff tidak akan mundur apapun kondisinya nanti.

“Tanggal 15 April (kickoff Liga 1 tetap jalan),” tegasnya.

Sebelumnya, Tim Verifikasi Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) memberi keringanan kepada PT Liga Indonesia Baru untuk melengkapi dokumennya. Dari batas waktu 6 April yang disepakati, tim verifikasi memberi toleransi waktu hingga akhir pekan ini.

PT LIB diminta untuk segera menyelesaikan persyaratan mengenai legalitas, finansial, Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS) untuk pemain asing, dan masalah pajak.

BOPI baru menerima sebagian dari yang disyaratkan. PT LIB tak menyerahkan dokumen data pemain lokal dan asing.