Kenali Iniloh Perbedaan Mesin Uang ATM yang Asli dan Palsu

0
206

Modus penipuan yang terjadi di Automated Teller Machine atau yang sering kita sebut dengan ATM semakin kreatif setiap harinya. Karenanya, kita perlu tahu bagaimana modus penipuan ini dilakukan oleh penipu dan apa yang perlu kamu lakukan untuk melindungi diri dari penipuan.

Hanya karena tampilan ATM terlihat meyakinkan pada pandangan pertama, bukan berarti mesinnya tak bisa dimainkan oleh para penipu. Alat skimming, perangkap kartu dan uang tunai, kamera tersembunyi sampai melakukan hacks sistem menjadi modus penipuan yang biasa terjadi di ATM. Selain itu masih ada lagi beberapa modus penipuan perbankan yang sering digunakan oleh penipu.

Apa saja? Dikutip dari boredpanda, ini dia foto-foto yang jadi bukti modus penipuan yang sering terjadi di ATM. Lewat tujuh foto berikut kamu bisa mengetahui ciri-ciri ATM yang asli dan palsu.

1. Menggunakan alat skimming.

Penipu bisa melakukan modus kejahatannya dengan berbagai cara. Mulai dari memasang alat pemindai magnetik yang biasa disebut dengan skimmer hingga memasang dudukan slot di mesin ATM. Jadi, begitu calon korban melakukan kegiatan transaksi online, otomatis data yang dimiliki korban akan tercatat pada skimmer. Alhasil, pelaku dapat dengan mudahnya mengakses data ATM milik korban.

2. Memasang kamera tersembunyi.

Bantuan berupa perangkat kamera jadi salah satu modus yang kerap dilakukan oleh para penipu. Selalu perhatikan kondisi ATM, terutama di bagian atas tombol-tombol yang terletak di bawah layar monitor. Bisa saja ada kamera tersembunyi yang siap mengintai PIN kartu ATM kamu.

3. Memasang skimmer di lubang bukti transaksi.

Selain mengamati kondisi di sekitar layar monitor, amati juga lubang untuk mengeluarkan kertas struk sebagai bukti transaksi. Jika kondisinya meragukan, sebaiknya kamu mengurungkan niat untuk melakukan transaksi online.

4. Memasang skimmer di atas tombol angka.

Alat pemindai magnetik yang biasa disebut dengan skimmer ternyata juga bisa dipasang di bagian tombol-tombol yang biasa digunakan untuk memasukkan PIN. Kalau bentuknya mencurigakan, tinggalkan.

5. Mengganjal mesin ATM.

Penipu bisa meletakkan sesuatu pada slot kartu yang akan mengakibatkan kartu ATM terperangkap di slot tersebut. Saat korban terjerat, pelaku mulai melancarkan aksinya dengan cara berpura-pura menawarkan pertolongan terhadap korban untuk mengeluarkan kartu ATM yang tersangkut tadi. Penipu akan melepaskan kartu dari perangkap buatannya dan menyuruh korban untuk mencoba memasukkannya lagi sambil mengecek PIN. Inilah saat pelaku mengingat-ingat PIN yang dimiliki calon korbannya untuk mengambil sejumlah uang pada kartu tersebut.

6. Memasang kamera tersembunyi di bagian yang tak terduga.

Kita seringkali merasa yakin dengan bagian atas atau penutup tombol angka, tapi tak ada salahnya kamu mengeceknya. Siapa tahu ada lubang kecil yang patut kamu curigai. Pasalnya kamera tersembunyi juga dapat diletakkan pada bagian atas tombol angka.

7. Memasang perangkap uang.

Perhatikan tempat untuk mengeluarkan uang. Bagian ini bisa jadi salah satu cara penipu untuk melancarkan aksinya dengan cara memasang perangkap uang tunai yang keluar.