Kemana AHY akan Berlabuh usai Pilgub DKI?

0
182

Sosok Agus Harimurti Yudhoyono dulu tak banyak terdengar. Masyarakat awam mengenal Agus hanya lewat statusnya sebagai anak sulung Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Mungkin sebagian orang mengenalnya karena ia tentara dengan perawakan gagah. Mungkin sebagian publik mengenal Agus sebagai laki-laki beruntung karena bisa meminang model cantik, Anissa Pohan, pada tahun 2005.

Namun kini Agus dikenal hampir seluruh warga Indonesia. Memilih melepas pangkat mayor yang tersemat dibahu, ia maju menjadi salah satu penantang Basuki ‘Ahok’ Tjahaja Purnama dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta.

Banyak yang menyayangkan langkah Agus hengkang dari militer. Bukan tidak mungkin pria penyandang medali lulusan terbaik Akademi Militer ini menjadi Jenderal yang bertaji di masa depan.

Langkah Agus masuk ke ranah politik sering disebut prematur. Walau banyak yang mengolok-olok, ternyata toh Agus yang didampingi Sylviana Murni mampu jadi kuda hitam di Pilgub DKI.

Tapi dalam putaran Pemilihan Kepala Daerah, perolehan suara jua yang menentukan. Memperoleh 937.955 suara, atau 17 persen dukungan warga Ibu Kota, tak bisa membuat Agus melaju ke putaran kedua Pilgub DKI.

AHY, julukan Agus, tak dapat dipastikan akan lari kemana usai dinyatakan gugur. Publik memprediksi Agus akan masuk Partai Demokrat. Wajar, Demokrat saat ini dipimpin oleh bapaknya. Demokrat pula yang menampung Edhie Baskoro Yudhoyono, adik Agus yang lebih dulu terjun ke politik.

Namun sampai saat ini pun, Agus masih belum memberi tanda-tanda bergabung. “Mudah-mudahan beliau berkenan. Itu hak politik mas AHY,” kata Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Syarief Hasan, Jakarta, Senin 3 Maret 2017.

Beberapa rumor telah santer beredar. Agus yang kalah di DKI Jakarta, akan diusung Demokrat dalam Pilgub Jawa Timur tahun 2018. Namun rumor masih sekedar rumor. Kabar burung ini dibantah oleh Demokrat.

“Kata siapa? Di kami tidak ada (wacana). Itu rumor saja,” kata Syarief.

Walau belum jelas langkah yang akan diambil, Demokrat menangkap niatan Agus terjun ke politik. Hal ini ditangkap oleh Sekretaris Jenderal Hinca Pandjaitan.

“Apakah AHY akan berkarya di bidang politik, seperti pada pidato beliau, dua akan mengabdikan dirinya menuju Indonesia emas 2045,” kata Hinca.

Apapun langkah yang diambil Agus, dipastikan ia akan disorot. Baik oleh masyarakat, media, hingga netizen.