Karena Masalah Uang Donasi, Sesama Admin Akun Gosip Lambe Turah Buka Aib

0
197

Bagi pengguna media sosial terutama Instagram, akun Lambe Turah (@lambe_turah) sudah sangat dikenal. Akhir-akhir ini pengguna medsos dihebohkan dengan isu kudeta pengelola akun yang bisa mengunggah gosip selebritis tersebut.

Gonjang-ganjing soal akun Lambe Turah (@lambe_turah) yang memiliki 2,6 juta followers ini muncul setelah akun Cak Budi (@cakbudi_) ramai dibahas tentang pembelian iPhone 7 dan mobil Toyota Fortuner dari uang bantuan yang belum disalurkan. Cak Budi lewat akun Instagramnya mengunggah foto warga, biasanya lansia, yang membutuhkan donasi.

Netizen pun ada yang menghubungkan Cak Budi dengan akun gosip Lambe Turah (@Lambe_Turah). Bahkan ada kabar untuk melakukan ‘kudeta’ terhadap akun Lambe Turah. Akun gosip tersebut kerap kali melakukan posting ulang (repost) dari postingan Instagram Cak Budi terkait ajakan untuk donasi. Netizen akhirnya dibuat bertanya-tanya sekaligus geram. Apakah ada hubungannya antara Cak Budi dengan admin Lambe Turah?

Admin Lambe Turah sendiri telah melakukan klarifikasi terkait hubungan dengan Cak Budi. Dia mengaku hanya ikut menyebarkan postingan donasi yang disebarkan oleh Cak Budi dan tidak menerima uang dari donasi tersebut.

“Lambe Turah hanya merepost dari akun-akun yang membutuhkan bantuan dan tidak semua yang kami repost membuka donasi. Kami tidak mengambil hasil donasi yang terkumpul karena donasi tersebut menggunakan rekening dari komunitas yang membantu orang yang membutuhkan bukan rekening kami,” tulis klarifikasi admin Lambe Turah dalam Instagram, Selasa (2/5/2017).

Tak cuma soal Cak Budi, admin Lambe Turah juga menjelaskan tentang give away dari toko online (online shop) yang sering diunggah. Pembahasan juga melebar hingga pemilik akun Lambe Turah dan isu ‘kudeta’.

“Masalah endorse give away apa salahnya?? Tidak ada yang menipu dan tertipu semua diposting sesuai nomor antrian daftar online shop. Masalah kudeta akun ini sudah dijual sesuai persetujuan pemilik lama yaitu Mami Nita aka Mommy Ai. Terus masalahnya dimana? pemilik lama sudah menerima uangnya loh,” lanjut admin Lambe Turah.

Dalam postingannya, akun Lambe Turah juga mengakui bahwa telah berganti admin pengelola sejak 2016 lalu. Sehingga kelola akun saat ini dipegang oleh admin yang baru.

“Klarifikasi jual beli akun ini dibeli tahun 2016 (saat follower 800k) oleh salah satu mantan admin dengan persetujuan harga pemilik lama dan pembagiannya pun dilakukan sesuai permintaan pemilik lama,” katanya.

Saat ini di tiap postingan Lambe Turah, kolom untuk komentar ditiadakan (atau di-off) oleh admin akun.

Sebelumnya, media sosial diramaikan oleh akun Cak Budi yang membeli iPhone 7 dan mobil Fortuner dari uang bantuan yang belum disalurkan. Cak Budi kemudian berencana untuk menjual kembali kedua barang tersebut.

Uang hasil penjualan tersebut rencananya akan disalurkan ke lembaga bantuan sosial Dompet Dhuafa dan Aksi Cepat Tanggap. Hal itu disampaikan Cak Budi melalui akun instagramnya @cakbudi_, Senin (1/5/2017). Postingan itu telah disukai 4.134 dan dikomentari 2.616 akun.

Cak Budi juga menyampaikan permohonan maaf terhadap beberapa pihak yang kecewa terkait penggunaan uang donasi yang dianggap tidak transparan. Menurutnya, niatnya mengumpulkan donasi hanya untuk kegiatan amal.