Jamaah dilarang keras menbawa air zamzam dikoper ini alasannya

Detikfokus.com – Demi keselamatan penerbangan, ada larangan bagi jemaah haji membawa air Zamzam ke dalam koper. Masih banyak jemaah yang nekat melanggar, jadinya koper disobek paksa.

Pemberangkatan pulang jemaah haji perdana memang baru akan dilakukan pada Senin (27/8) dinihari nanti. Namun koper-koper jemaah telah dikirimkan ke bandara Jeddah sejak Sabtu dan Minggu ini.

Di hotel, dilakukan pengecekan berat koper. Setiap koper tidak boleh melebihi berat 32 Kg. Jemaah yang kopernya kelebihan beban akan diminta mengeluarkan barang.

Petugas di hotel mengingatkan agar jangan sampai ada air Zamzam atau cairan apapun yang volumenya lebih dari 100 ml di dalam koper.

Meski sudah diingatkan, namun ternyata ada banyak jemaah yang tetap memasukkan Zamzam ke dalam koper. Mungkinkah jemaah tidak sengaja memasukkan zamzam? Sepertinya tidak. Sebabnya, Zamzam tersebut dimasukkan ke dalam botol air mineral yang sudah dibalut lakban sehingga isi botol tertutup rapat.
“Padahal di bandara ada alat pemindai yang bisa dengan mudah mendeteksi cairan,” ujar pelaksana transportasi Sektor 11 Daker Mekah, Yuhendra di Hotel Keswah Tower, Minggu (26/8/2018).

Alhasil, oleh petugas bandara koper-koper jemaah dibongkar paksa. Bahkan tak sedikit yang disobek karena koper jemaah sudah dalam keadaan terkunci. Pembongkaran dilakukan untuk mengeluarkan Zamzam.

“Saya dikirimi laporan dan foto-foto oleh petugas Saudi Airlines mengenai banyaknya air Zamzam yang dikeluarkan dari koper jemaah kita,” ujar Yuhendra.
Yuhendra yang pada sepanjang hari Minggu ini berada di Hotel Keswah Tower untuk memantau penimbangan Tower mengingatkan agar jemaah tidak ‘ngeyel’ memasukkan Zamzam ke dalam koper.
Jemaah dari Kloter 13 Embarkasi Palembang yang bakal diberangkatkan pertama kalinya ke Tanah Air. Selepas kloter tersebut, akan bertolak juga Kloter 14 Embarkasi Surabaya kira-kira satu jam setelahnya. Menyusul kemudian Kloter 11 Jakarta-Bekasi, Kloter 1 Padang, Kloter 14 Jakarta Bekasi, dan Kloter 3 Jakarta-Pondok Gede.
Sebanyak 12 kloter akan diberangkatkan pada hari pertama kepulangan tersebut. Kloter 7 Embarkasi Makassar dan Kloter 6 Embarkasi Solo akan jadi penutup gelombang kepulangan pertama pada Senin malam. Gelombang kepulangan perdana dari Jeddah dilakukan bertahap hingga 9 September nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *