Ira Koesno Pandu Debat Agus-Sylvi, Ahok-Djarot, dan Anies-Sandi

0
478

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta akan menggelar debat pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017, Jumat (13/1/2017).

Ketua KPU DKI Jakarta, Sumarno memastikan, debat publik akan disiarkan langsung sejumlah stasiun televisi itu berjalan sesuai jadwal yang sudah diagendakan.  “Insya Allah persiapannya sudah sangat siap,” katanya, Senin (9/1/2017).

Acara debat, kata Sumarno, akan berlangsung di Hotel Bidakara, Jalan Gatot Subroto, Pancoran, Jakarta Selatan, mulai petang. Adapun moderator yang dipilih untuk memandu debat adalah wartawan senior, Dwi Noviratri Koesno alias Ira Koesno. “Nanti yang jadi moderatornya Ira Koesno,” imbuhnya.

Mantan pembawa acara Liputan 6 di SCTV itu dipilih menjadi moderator dalam debat perdana karena dianggap berintegritas dan independen. Selain tentunya mempunyai banyak pengalaman.

“Semua yang terlibat dalam pembahasan soal seperti panelis, moderator termasuk KPU sendiri menandatangani pakta integritas untuk tidak membocorkan soal,” ujar Sumarno.

Namun tidak hanya Ira, KPU DKI Jakarta juga telah menyiapkan nama lain sebagai moderator bila Ira berhalangan. “Kalau Ira enggak bisa, kita siapkan cadangannya yaitu Pak Imam Prasodjo,” tuntasnya.

Debat Pilkada DKI Jakarta 2017 akan digelar tiga kali. Yakni pada 13 Januari, 27 Januari, dan 10 Februari.  Seluruh pasangan calon sesuai nomor urut 1, 2 dan 3, yakni Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni (Agus-Sylvi),  Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat (Ahok-Djarot), dan Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Salahuddin Uno (Anies-Sandi) diwajibkan mengikuti debat itu.

KPU DKI Jakarta dapat memberikan sanksi kepada paslon yang menolak ikut debat.