Ini Tips Agar Keuangan Tidak Jebol Saat Mudik Lebaran

0
82

Mudik adalah satu musim pulang kampung untuk orang-orang muslim yang hidup di perantauan. Umumnya mereka pulang manfaat merayakan hari raya besar keagamaan seperti Lebaran.

Tetapi mudik memerlukan cost yang banyak. Terlebih harga tiket transportasi umum waktu musim mudik senantiasa bertambah dengan cara mencolok. Walau rasa kangen dengan sanak saudara di kampung tidak terbendung, apadaya bila tidak miliki modal untuk pulang kampung.

Oleh karenanya, walau berkesan remeh, mudik juga juga diperlukan persiapan yang masak, terutama dari segi duit.

Menurut Perencana Keuangan dari Gagasan Mitra Edukasi (RME) Mike Rini, semestinya niatan untuk mudik telah ditetapkan satu bulan sebelumnya masuknya bln. puasa. Begitu dapat menyiapkan diri untuk beli tiket lebih awal.

” Bila telah ditetapkan dari pertama, bermakna mesti komit tidak merayakan hari raya dirumah. Karenanya cost juga, ” katanya, Selasa (30/5/2017).

Mike juga merekomendasikan untuk mencari partner mudik yang mempunyai maksud kampung yang sama. Begitu Anda dapat menyewa mobil yang dananya dapat dibagi dua, hingga lebih irit. Sebab transportasi adalah satu diantara pos pengeluaran terbesar waktu mudik.

Lalu tetapkan berapakah hari Anda bakal tinggal di kampung halaman waktu mudik. Sebab makin lama Anda tinggal makin besar cost yang di keluarkan.

” Umumnya juga pulang kampung jadi arena berlibur ingin tidak ingin berjalan-jalan. Ini butuh di perhatikan juga, karna biayanya besar. Harusnya cuma konsentrasi bersilahturahmi saja. Serta oleh-oleh harus juga jadi pertimbangan, ” imbuhnya.

Sesaat untuk modal mudik, Rini merekomendasikan untuk mengambil dari Tunjangan Hari Raya (THR) saja serta tidak mengusik duit dari upah. Sebab upah adalah sumber dana yang utama untuk kehidupan keseharian.

Upah juga jadi modal hidup sesudah musim mudik berlalu. Jangan pernah kalap waktu pulang kampung serta kehabisan duit untuk menutupi keperluan hidup sesudahnya.

Rini merekomendasikan untuk mengkalkulasi sisa hari dari sesudah berlibur hari raya Lebaran sampai tanggal gajian. Pertimbangkan berapakah cost yang diperlukan untuk cost transportasi kerja, makan keseharian, angsuran serta tanggungan yang lain seperti cost anak sekolah.

” Umpamanya hitungannya dari 1 Juli hingga 25 Juli itu berapakah hari jumlah yang perlu di-cover transport kantor serta duit makan dirumah. Kalkulasi dari saat ini, bila ada angsuran harus juga dibayar dahulu. Bila masih tetap ada sisa baru bisa di ambil buat mudik, ” tandasnya.