Ini Pengganti Ujian Nasional (UN) yang Disiapkan Mendikbud

0
171

Beberapa waktu belakangan ini sedang heboh kabar akan dihapuskannya Ujian Nasional (UN). Nah, Selain sudah mengungkap apa yang menjadi pertimbangannya mengeluarkan kebijakan moratorium UN, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, juga sudah menyiapkan pengganti UN.

Pengganti tersebut adalah Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Penggantin tersebut tentunya menunggu persetujuan dari instruksi presiden. Penerapan USBN sendiri nantinya akan diserahkan kepada pemerintah daerah. Pemerintah tingkat provinsi menangani SMA/SMK, dan pemerintah kota/kabupaten menangani SD serta SMP. Sedangkan Kemendikbud bersama Badan Standar Nasional Pendiidikan (BSNP) bertugas menyiapkan prosedur operasional standar, kisi-kisi ujian, dan melakukan monitoring serta evaluasi.

Nggak hanya itu saja, kawan, soal USBN juga akan dibuat lebih banyak berupa pilihan ganda yang disusun oleh daerah dengan mengacu pada kisi-kisi nasional. Sementara pemerintah pusat hanya menitipkan soal berbentuk uraian atau esai.

Masih menurut rencana, kalau dalam UN mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan mapel pilihan dari jurusan. Dalam USBN akan diberlakukan untuk semua mata pelajaran lho. Mendikbud juga mengatakan, evaluasi pendidikan berbasi standar nasional tetap harus ada, biar semua siswa punya ijazah yang kredibel setelah menyelesaikan pendidikan.