Ini Langkah Menteri Susi wujudkan mimpi Jokowi jadikan RI poros maritim dunia

0
229

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengajak semua pihak bekerja keras dalam mewujudkan konsep poros maritim yang merupakan salah satu visi pemerintahan saat ini.

“Kita sharing kebijakan pemerintah yang dilakukan pemerintahan Jokowi-JK dalam rangka menjadikan Indonesia poros maritim dunia,” ujar Susi seperti dilansir Antara, Sabtu (17/12).

Susi memaparkan, poros adalah titik asal dan bukan bagian dari jalur atau konektivitas lainnya sehingga poros membuat aktivitas ekonomi yang menghidupkan sekelilingnya.

Untuk itu, diperlukan kerja sama dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan sektor kelautan dan perikanan, termasuk dalam mewujudkan visi besar tersebut. “Indonesia sentralnya di banyak titik dan saya harapkan setiap titik bisa membangun daerahnya sendiri,” katanya.

Susi menjelaskan rencana pembangunan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) menjadi fokus utama KKP dalam pembangunan di sektor kelautan dan perikanan.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Center for Maritime Studies and Humanity, Abdul Halim mengatakan, investasi sektor perikanan di pulau-pulau kecil terluar jangan sampai mengedepankan prinsip privatisasi pihak asing.

“Kalau diserahkan kepada asing akan melemahkan kontrol negara dalam melakukan pengawasan sumber daya,” kata Halim.

Halim menegaskan, perlu pula diwaspadai upaya-upaya pemberian hibah atau pinjaman lunak yang diberikan pihak asing kepada berbagai program yang berkedok sebagai upaya konservasi atau pelestarian kelautan.

Seharusnya, lanjutnya, pemerintah dapat memberdayakan masyarakat terutama yang bertempat tinggal di pulau-pulau kecil terluar dalam rangka mengelola berbagai potensi yang terdapat di pulau tersebut.