Ini Kendala Utama Polisi Kesulitan Pulangkan Habib Rizieq ke Indonesia

0
203

Pimpinan Front Pembela Islam, Rizieq Shihab, hingga kini dikabarkan masih berada di luar negeri. Bahkan, Rizieq belum lama ini disebut-sebut berada di Yaman.

Padahal, sebelumnya pria yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan pornografi itu diketahui berada di Arab Saudi. Terkait hal itu, Polda Metro Jaya mengaku tak bisa melakukan pencekalan terhadap Rizieq seenaknya.

“Semua negara itu punya aturan masing-masing. Kami tak bisa mengintervensi negara orang lain. Kita tunggu saja,” ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono, saat dikonfirmasi wartawan.

Argo menegaskan, hingga kini penyidik yang menangani kasus di situs baladacintarizieq dengan tersangka Rizieq serta wanita bernama Firza Husein itu masih terus merampungkan berkas perkara.

Usai libur lebaran, penyidik akan mempercepat proses perampungan berkas perkasa. Pihaknya juga terus berupaya melakukan langkah pemulangan Rizieq ke Indonesia. Salah satunya dengan cara police to police.

“Yang terpenting kami menyelesaikan berkasnya dulu,” tuturnya.

Sementara, seperti dikabarkan oleh Kompas, Kepala Polda Metro Jaya Irjen Mochamad Iriawan meyakini tokoh Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab akan kembali ke Indonesia untuk menghadapi kasus hukumnya.

“Saya yakin beliau warga negara yang baik. Beliau cinta Tanah Air. Dan saya yakin beliau akan kembali untuk bisa menghadapi proses hukum yang dihadapi beliau.”

Hal itu dikatakan Iriawan saat ditemui di kawasan Ragunan, Jakarta Selatan, Kamis (29/06/2017).

Menurut Iriawan, Rizieq seharusnya menghadapi pemeriksaan sebagai tersangka dalam kasus ini.

Sebab, masih ada peluang Rizieq lolos dari pertanggungjawaban pidana selama proses penyidikan dan peradilan.

“Kalau Kejaksaan tidak ada pidana mungkin SP3, kalau ada ya P21. Nanti kalau beliau ( Rizieq) bilang ini fitnah, ya dibuktikan di persidangan.”

Sebelumnya, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat FPI, Ahmad Sobri Lubis, berkata, pimpinan Front Pembela Islam, Rizieq Shihab, kini sedang berada di Yaman.

Di sana, Rizieq dalam kondisi sehat dan selalu gembira. “Sangat senang, tidak ada permasalahan,” tutur Sobri di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Selasa 27 Juni 2017.

Selain itu, Sobri juga menjelaskan bahwa Rizieq selalu memantau dan mengikuti perkembangan situasi terkini di Tanah Air, meski tengah berada di luar negeri.

Kata Sobri, ia tak pernah memutus komunikasi dengan Rizieq, meski yang bersangkutan ada di negara lain.

“Beliau selalu koordinasi dengan kami, selalu mengontrol, ngobrol perkembangan-perkembangan apa pun yang terjadi. Dan kami selalu melaporkan hal-hal terjadi kepada beliau,” kata dia.

“Jadi tidak putus komunikasi dengan Habib Rizieq,” ujarnya menambahkan.