Ini Hukuman Bagi Pilot Lion Air yang Bawa Anak Istri Masuk Kokpit

0
208

Sungguh keterlaluan pilot Lion Air yang satu ini. Ruang Kokpit dijadikan “ruang keluarga”. Sang pilot kepergok mengizinkan istri dan anaknya masuk ke ruang yang seharusnya steril dari penumpang umum.

Akibatnya, pihak Lion Air akhirnya menghukum pilot yang dinilai melanggar aturan tersebut. Hukuman yang dijatuhkan Lion Air berupa penurunan pangkat pilot dan izin terbangnya dicabut sementara hingga waktu yang tidak ditentukan.

”Dari hasil investigasi yang dilakukan maka pilot akan dikenakan sanksi. Sanksi dapat berupa penurunan bar dari Capt menjadi First Officer atau tidak diberikan terbang atau grounded dalam jangka waktu tertentu,” ujar Public Relation Manager Lion Air, Andi M Saladin.

Andi menegaskan pihaknya juga terus mensosialisasikan kepada para pilot mengenai peraturan perusahaan yang ada untuk menghindari terulangnya kejadian tersebut.

”Kami juga akan segera berkoordinasi dengan Kemenhub untuk melaporkan sanksi yang diberikan,” katanya.

Sebelumnya, salah seorang penumpang bernama  Citra yang menaiki pesawat Lion Air dari Denpasar menuju Jakarta tanggal 23 Mei 2017, mengalami kejadian aneh. Ketika itu, Citra terbang ke Jakarta bersama dengan suami.

Dia mendapat tempat duduk 2B dan 2C. Namun dia melihat suatu keanehan ketika salah satu pramugari menghampiri penumpang yang duduk di banhku 1F dan 1E, yakni seorang ibu muda dan beserta balita dengan umur sekitar 3 tahun.

Citra yang duduknya tidak berjauhan dari si ibu muda itu mendengar apa yang diucapkan oleh pramugari. “(Pramugari bilang) Bu bapak ingin bertemu dan segera direspon‎s oleh si ibu,” ujar Citra dalam akun Facebook miliknya, Rabu (24/5).

Citra kala itu tidak berburuk sangka, dan hanya mengira si ibu muda itu hanya untuk ke toilet untuk menganti popok anaknya. Namun setelah sekitar 20 menit, rupanya belum juga kembali. “Padahal beberapa orang sudah ada ‎yang ke toilet,” jelas dia.

Citra pun bertanya ke pramugari Lion Air mempetanyakan ke mana ibu muda dan anaknya tersebut. Pramugari itu, kata Citra, gugup dan menjawab ibu muda dan anak tersebut sedang bertemu si pilot Dimas Rio, yang diketahui sebagai suaminya di kokpit.

Sontak saja mengatahui hal itu, Citra pun mempertanyakan apakah boleh keluarga menemui pilot di ruang kendali atau kokpit. Pasalnya ada sekitar 214 penumpang yang ada di pesawat tersebut.

Lantas Citra bersama dengan suaminya pun meminta konfirmasi ke pilot. “Pilotnya menjawab kalau memasukan seseorang selain crew pesawat ke kokpit boleh-boleh saja,” tukas dia.