Ini Cara Efektif Untuk Bedakan dan Ketahui Berita Bohong atau Hoax

0
258

“UFO Melancong di Bali selama Satu Jam”, “Geger Video Macan Putih Mangsa Manusia.” Itulah beberapa contoh judul-judul berita hoax di sosmed yang isinya dibuat-buat menyesatkan. Meskipun sekarang banyak berita online lagi populer banget di internet, tapi nggak semuanya asli dan terpercaya lho. Kita tetap harus selektif.

Nah, ini ada grafik yang menampilkan macam-macam berita hoax di luar sana. Banyak banget yang menyebarkan fitnah dan kebohongan tentang isu politik dan sara. Sebagai remaja, kita harus cerdik dalam memilih dan memilah berita. Buat kamu yang mau ngga mau terjebak dengan berita hoax, berikut ini ada tips cara mengetahui berita hoax:

Cek Sumbernya

Banyak situs hoax mendapat uang dari iklan online dengan cara membujuk kamu masuk ke situs mereka. Kadangkala tampilannya keliahatan seperti desain layaknya situs berita terpercaya. Tapi kamu bisa melacak niat buruk mereka, dengan melihat alamat URLnya. Misalnya, alamat URL yang diakhiri dengan tulisan aneh seperti “com.co”, biasanya situs itu abal-abal. Lihat juga bagian “about” page-nya. Baca bagian pihak yang bisa dikontak, isi deskripsi perusahaan, dll. Kalau nggak lengkap, bisa jadi kamu lagi klik di berita hoax.

Penulisan

Lihat apakah tulisannya terdapat kata berhuruf kapital dengan nada membentak, atau banyak tanda serunya. Coba kamu baca, masuk akal nggak menurut kamu, kalau sebuah berita terpercaya posting tulisan seperti itu?

Lihat Sekelilling

Kalau isi beritanya benar-benar heboh dan asli, isi berita yang sama di sumber media lainnya. Nah, kalau kamu tipe orang yang suka share berita di Facebook, sebaiknya baca yang cermat dulu  a