Ini 4 Masalah yang Bakal Dihadapi Presiden Jokowi di tahun 2017

0
888

Menko Polhukam Wiranto mengaku pemerintahan Presiden Joko Widodo telah mempersiapkan sejumlah solusi mengatasi masalah akan terjadi di tahun 2017. Wiranto mengatakan setidaknya pemerintah membagi empat permasalahan.

Pertama, kata dia, soal reformasi regulasi, kepastian dan penegakan hukum. Kedua, terkait stabilitas keamanan dan ketertiban.

Wiranto melanjutkan, masalah ketiga, yakni konsolidasi demokrasi dan efektivitas diplomasi di luar negeri dan dalam negeri. Terakhir soal reformasi birokrasi. “Jadi 4 hal ini yang akan menjadi skala prioritas yang akan kita lakukan,” kata Wiranto usai memimpin rapat koordinasi antar Kementerian/Lembaga di Kantornya, Selasa (3/1).

Untuk mengatasi empat masalah tersebut, Wiranto menyebut pemerintah telah melakukan sejumlah langkah di tahun 2016 lalu. Salah satunya menghapus sejumlah regulasi dianggap tumpang tindih dan dapat menghambat proses pembangunan di sejumlah aspek.

Untuk mengatasi pungutan liar, Wiranto juga mengatakan pemerintah telah membentuk Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) pada tahun 2016.

Sementara itu, mantan Panglima ABRI ini mengutarakan sejumlah tantangan yang akan dihadapi pemerintah di tahun 2017, seperti ISIS, peredaran narkoba, illegal logging sampai menghadapi kemajuan teknologi yang rawan dijadikan celah untuk melancarkan sejumlah aksi tak terpuji.

“Kalau tidak dikelola dengan baik akan menjadi ancaman bagi negeri. Ada juga terorisme, dan intoleransi glukosa kita hadapi bersama. Ini harus kita utuhkan kembali,” terangnya.