Ini 10 Peristiwa Nasional Paling Heboh di Sepanjang Tahun 2016

0
519

Banyak peristiwa terjadi dalam satu tahun terakhir, mulai dari peristiwa bahagia mengenai raihan medali emas pasangan atlet bulutangkis Liliyana Natsir dan Tontowi Yahya di Olimpiade Rio hingga kasus Dimas Kanjeng yang membuat kita heran menggeleng-gelengkan kepala. Namun jika dilihat dari data tahun Google yang terangkum dalam Google Year In Search 2016, peristiwa Bom Sarinah lah yang paling banyak dicari, diikuti secara berurutan oleh kasus Gafatar dan kasus Dimas Kajeng di posisi kedua dan ketiga.

Kasus Bom Sarinah paling banyak dicari karena merupakan teror bom pertama pasca serangan teror terakhir yang terjadi di tanah air, yakni Bom Marriot pada 2009 silam. Bom Sarinah juga menjadi perbincangan karena negeri ini cukup lama berada dalam kondisi kondusif, bahkan penumpasan para pelaku teror bom dilakukan sangat maksimal, dan bahkan mendapat apresiasi positif di tingkat global.

 

Sementara itu peristiwa nasional yang paling banyak dicari di 2016 adalah kasus Gafatar yang merujuk pada tudingan aliran sesat pada kelompok Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar). Kelompok ini secara terselubung menyerukan perubahan tatanan kehidupan masyarakat Indonesia dan secara aktif berupaya melepaskan prinsip Pancasila dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Adapun di posisi ketiga, peristiwa nasional yang paling banyak dicari oleh netizen adalah mengenai kasus penipuan yang dilakukan oleh Taat Pribadi, pimpinan Padepokan Dimas Kanjeng di Probolinggo, Jawa Timur. Selain praktek penipuan uang yang bernilai miliaran rupiah, kasus Dimas Kanjeng juga mencuatkan nama Taat Pribadi sebagai otak di balik pembunuhan dua orang bekas pengikutnya, yakni Abdul Ghani dan Ismail Hidayah. Menariknya, peristiwa miris ini justru sebagian tampil sebagai lelucon dalam bentuk meme yang banyak beredar di jejaring sosial. Bukan hanya sebagai lelucon untuk peristiwa lainnya di tanah air, melainkan juga untuk berbagai hal heboh yang terjadi di dunia.

Berikut adalah daftar 10 peristiwa nasional yang paling banyak diperbincangkan di sepanjang 2016 para netizen.
1. Bom Sarinah
2. Gafatar
3. Kasus Dimas Kanjeng
4. Harga Rokok
5. Kasus Yuyun
6. Kasus Gatot Brajamusti
7. Teman Ahok
8. Penyergapan Santoso
9. Reshuffle Kabinet
10. Tax Amnesty