Indonesia Hanya Butuh Hasil Imbang di Leg ke-2 Untuk Juara Piala AFF 2016

0
397

Timnas Indonesia memastikan kemenangan atas Timnas Thailand pada leg pertama final Piala Suzuki AFF Cup 2016 dengan menghasilkan skor 2-1 di Stadion Pekansari, Cibinong, Bogor, Kamis (14/12/2016).

 

Hasil ini membawa Indonesia unggul agregat satu bola atas tim Thailand. Di leg kedua, giliran Thailand yang menjadi tuan rumah, tepatnya di Stadion Rajamanggala, Bangkok, Thailand, Sabtu (17/12/2016).

Meski telah meraih kemenangan di kandang, Indonesia patut mewaspadai hasil yang telah diraih di Pekansari. Bagainana tidak, peraturan Piala AFF Cup memungkinkan hal tersebut.

Pasalnya, jika Timnas Thailand mampu memenangkan laga dengan skor 1-0. Artinya, skor agregat menjadi imbang 2-2, dan dipastikan Thailand keluar sebagai juara.

Peraturan turnamen senegara asean ini untuk menentukan tim yang akan keluar sebagai juara, dilihat dari jumlah gol yang dihasilkan di tandang. Sebab Timnas Thailand, telah mengemas satu gol di Pekansari.

Artinya, jika Indonesia tak mampu membobol bola kegawang Thailand, dan menghasilkan kemenangan 1-0 untuk Thailand, Indonesia akan mengubur harapan sebagai juara Piala AFF untuk pertama kalinya.

Indonesia sendiri hanya butuh hasil imbang jika ingin keluar sebagai juara. Namun, tak menutup kemungkinan Indonesia mampu memenagkan laga, jika permainan masih serupa pada leg pertama di babak kedua.

Laga Indonesia kontra Thailand di final AFF Cup 2016, adalah bukan untuk yang pertama kalinya. Laga perdana kedua tim di final, terjadi pada tahun 2000, 2004 dan yang keluar sebagai juara adalah Thailand.