Haul Gus Dur, Diramaikan Pria Bertopi Sinterklas

0
205

Perayaan Haul (hari wafat) ke-7 Presiden RI ke-4, Abdurahman Wahid atau Gus Dur, ada pemandangan yang menarik perhatian banyak orang. Ditengah para tamu yang hadir mengenakan peci hitam atau putih, ada pria yang memakai topi merah putih yang biasa dipakai tokoh Natal, Sinterklas.

Pria yang mengenakan topi Sinterklas dengan tulisan Merry Christmas tersebut bernama Alim (30). Ia juga memakai baju koko berwarna putih.

Alim mengaku dirinya sengaja memakai topi Natal itu. Ia melalukan hal ini dengan tujuan menghormati umat Kristiani yang akan merayakan Hari Raya Natal beberapa hari lagi. Alim sendiri merupakan seorang muslim.

“Tujuannya toleransi saja antar umat beragama,” kata Alim di Komplek Pesantren Ciganjur, Jakarta Selatan, Jumat, (23/12).

Pria yang mengaku tinggal di kawasan Tangerang, Banten itu juga mengaku sengaja membeli topi tersebut untuk ia pakai pada acara haul ke-7 Gus Dur itu. “Beli di Mal,” ujarnya singkat.

Terlihat sejumlah tokoh negara hadir dalam acara itu. Beberapa tokoh negara hang hadir semisal, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan dan Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia, Nusron Wahid, mantan Wakil Presiden tahun 2009-2014, Boediono, Gubernur nonaktif DKI Jakarta, Basuki Tjahaja (Ahok), Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin.