Di Hari Libur, Jokowi Ingin Jalan-jalan Seperti Rakyat Biasa

0
707

Tidak ada perbedaan pakaian yang dikenakan Jokowi saat datang ke pasar ataupun ke mal. Kemeja putih yang dikeluarkan, serta lengan kemeja yang dilipat menjadi style Presiden kita ini.

Namanya Presiden, sekalipun jalan-jalan di akhir pekan, tentu melekat pengawalan ketat sesuai prosedur tetap (protap). Pasukan Pengawal Presiden (Paspampres), menyebar di segala penjuru demi mengamankan orang nomor satu di Indonesia ini.

Hingga akhirnya Jokowi datang ke Grand Indonesia, sekitar pukul 12.38 WIB. Pengamanan langsung bekerja, sementara sang Presiden, berjalan santai sambil tersenyum simpul khas Jokowi. Tidak perlu waktu lama bagi para pengunjung mall untuk mengetahui kalau yang datang adalah Presiden Jokowi. “Pak Jokowi, Pak Jokowi,” riuh pengujung yang akhirnya tidak sedikit warga yang mencoba mendekat.

Tak hanya pengunjung yang merasa senang bertemu Presiden. Pihak Grand Indonesia pun langsung mengunggah foto saat Jokowi tengah berada di salah satu toko pakaian melalui Twitter. “Hello Mr. President..Welcome! Hope you enjoy shopping at Grand Indonesia sir!,” tulis akun Grand Indonesia, @GrandIndo.

Bak magnet, Jokowi langsung dikerumuni pengunjung yang ingin bertemu langsung Presiden. Padahal, tak ada informasi resmi akan kedatangan Jokowi. Cukup informasi dari mulut ke mulut, dalam hitungan menit, banyak warga berusaha mendekat.

Salah satu warga yang mendekati Jokowi itu adalah Rianda Ibrahim, warga Jakarta yang kebetulan mampir ke Grand Indonesia untuk cuci mata. Begitu dia tahu Jokowi datang, dia langsung mengejar Presiden yang hendak naik eskalator menuju lantai satu, dari lantai dasar. “Dari ground floor melihat ke lantai satu, kok orang-orang itu heboh banget, akhirnya saya ikut naik,” ujar Riana.

Tidak ingin ketinggalan momentum, Riana bergegas mendatangi Jokowi untuk bersalaman dan berselfie ria dengan Jokowi. Kebetulan, saat itu Jokowi sedang dalam keadaan cukup lengang saat berada di toko sepatu Converse. Jeprett, foto pun didapatnya. “Banyak Paspampres, banyak juga orang yang minta salaman,” kata Riana, senang.

Sekalipun dijaga ketat, Riana cukup senang Paspampres mempersilakan pengunjung untuk mendekati Presiden. “Yang lucu itu ada pengunjung yang setelah salaman bilang, aduh, tangan Bapak kok bisa halus ya,” ujar Riana sembari tertawa.

Jokowi cukup lama berada di Grand Indonesia. Sekitar 3,5 jam Presiden berada di dalam mall. Bisa jadi, waktu cuci mata Jokowi justru lebih banyak habis untuk bertemu dan menyapa rakyatnya. Sekadar bersalaman, atau pun foto bersama. Sekitar jam empat sore, Presiden mulai berlalu pergi.

Bukan kali ini saja Jokowi jalan-jalan di akhir pekan. Pada Minggu (25/9), Jokowi bersama putranya Kaesang Pangarep mengunjungi toko perlengkapan kamera di Tanah Abang II, Jakarta Pusat. Kunjungan Jokowi bersama Kaesang yakni untuk membeli tripod Sirui.

Kedatangan Jokowi ke Grand Indonesia bikin heboh dunia maya. Banyak yang merasa senang, melihat Jokowi tidak hanya menyambangi rakyat di pasar-pasar tradisional. Bahkan, tagar #presidenjugamanusia, cukup mewarnai jagat Twitter, hingga kemarin.

“GI rameee banget! Kirain ada apa, ternyata Pak @jokowi lagi jalan-jalan #presidenjugamanusia,” cuit @KenesAndari. Akun @meydi.merdian, langsung curhat kegirangan begitu bertemu langsung Jokowi di Grand Indonesia. “Kemarin aku ketemu ini sama Pak Jokowi di GI orangnya ramah sehat selalu ya Pak,” cuitnya.

Tidak dipungkiri, banyak yang keheranan melihat Jokowi blusukan ke mall kelas atas. Misalnya, @amir.guci yang nyiyir sebaiknya Jokowi blusukan ke tempat pelayanan publik, bukan ke mall. “Pak Jokowi..kok ke mall ..coba sidak ke layanan publik,” cuitnya.

Namun, harapan baik, banyak melekat dari kometar netizen. “Semoga blusukan di mal kelas atas ini membawa banyak manfaat bagi kita semua,” cuit @steve1234. 

Sementara, @anas.adani.96 justru beranggapan bahwa Jokowi tetap membawa misi pro produk lokal sekalipun di mall marak produk asing. “Cek produk lokal dan sekalian refresing,” cuitnya. 

Menanggapi ini, Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin memberi informasi soal kenapa Jokowi jalan-jalan ke Grand Indonesia. “Makan siang dan antar puterinya (Kahiyang Ayu) berbelanja,” ucap Bey Machmudin.

“Ya Presiden sebagai ayah dan warga biasa juga ingin berjalan-jalan seperti masyarakat umumnya. Biasa saja, nggak ada hal yang luar biasa,” imbuh Bey