Deretan Artis Tanah Air yang Pernah Bermasalah Dengan Narkoba

0
52

Tertangkapnya Ammar Zoni, dalam kasus narkoba, kembali menambah panjang deretan nama para artis yang terlibat kasus narkoba.

Kita pun bertanya, kenapa begitu banyak artis yang terlibat narkoba? Kata para pengamat atau para artis senior, banyaknya para artis yang terlibat narkoba, karena kebiasaan menikmati gemerlapnya dunia malam. Kegemerlapnya dunia malam sangat menggoda  para artis terhadap narkoba.

Sementara Kabag Humas Badan Narkotika Nasional (BNN) Kombes Sulistiandriatmoko, beberapa waktu lalu pernah  menyebut, salah satu penyebab artis menggunakan narkoba adalah karena gaya hidup. Sejumlah narkotika jenis tertentu dianggap bisa membuat pemakai menjadi prima yang bagi sebagian artis merupakan kebutuhan untuk publik figur.

Kasubdit Lingkungan Kerja Masyarakat BNN, Kombes Pol Ricky Yanuarfi juga menyatakan hal yang sama. Banyak artis yang terjaring dan menggunakan obat-obatan terlarang, bahkan sudah menjadi gaya hidup.

“Makanya saya sampaikan, ketika jadi gaya hidup, siapa pun bisa terjadi. Artis anggap jadi gaya, siapa pun bisa. Sangat rentan, artis itu banyak yang pakai,” kata Ricky Yanuarfi di Hotel Putri Duyung, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu 25 Maret 2017.

Dan, hingga hari ini, tidak tanggung-tanggung, sudah puluhan artis yang terlibat atau terjerat narkoba.

Inilah daftar artis yang pernah terlibat narkoba:

1.Roy Marten

Artis film dan sinetron ini pernah terlibat narkoba dan mendekam di balik terali besi selama 3 tahun.  Tahun 2007, Roy ditangkap saat pesta shabu di sebuah hotel di Surabaya. Padahal, sebelumnya dia menyatakan bertobat.

2.Ria Irawan

Ria Irawan terjerat narkoba tahun 2005. Ketika itu publik dibuat terkejut dengan penggerebekan yang dilakuan oleh BNN di sebuah diskotek di Jakarta Selatan.  Ketika itu dia dibebaskan oleh polisi dan hanya dikenakan wajib lapor.

3. Sheila Marcia

Bersama empat temannya, Sheila Marcia tertangkap tangan sedang pesta narkoba di apartemen Pluit, jakarta Utara pada tanggal 7 Agustus 2008 dan dipenjara selama satu tahun.
Pada tanggal 7 September 2009, Sheila kembali tertangkap dan harus menuntaskan masa tahanannya dengan perut yang membuncit karena hamil. Sheila akhirnya bebas pada tahun 2010.

4. Jennifer Dunn

Jennifer Dunn adalah salah seorang pesinetron muda yang sedang naik daun ketika ditangkap dalam kaitan dengan penggunaan narkoba. Pada bulan Oktober 2009, Jennifer tertangkap sedang menggunakan narkoba dan wajib menjalani masa tahanan selama empat tahun.

5. Achmad Albar

Pemusik kawakan ini ditangkap sedang menggunakan narkoba. Achmad Albar diduga adalah pemilik ekstasi sebanyak 490 ribu butir. Saat itu Achmad menampung seorang kawannya yang menjadi buronan polisi. Achmad Albar kemudian divonis delapan bulan penjara karena terbukti menyembunyikan buronan dan menggunakan obat psikotropika.

6. Sammy Simorangkir

Vokalis grup band Kerispatih ini tertangkap tangan sedang berpesta shabu di sebuah rumah kos elit di Kuningan. Sammy dituntut penjara lima tahun namun majelis hakim hanya memvonisnya satu tahun dan wajib mengikuti program rehabilitasi.

 7. Yoyo ‘Padi’

Mantan suami artis cantik Rossa ini tertangkap polisi pada tanggal 27 Februari 2011, saat sedang pesta shabu-shabu. Yoyo akhirnya mendekam dalam tahanan BNN selama satu tahun.

8. Iyut Bin Slamet

Mantan penyanyi cilik era tahun 80-an ini tertangkap menguasai sebuah paket shabu seberat 0,4 gram. Iyut bin Slamet kemudian divonis bersalah dan dipenjara selama satu tahun.

9. Fariz RM

Penyanyi senior ini juga pernah berurusan dengan pihak kepolisian dalam kasus kepemilikan ganja. Fariz ditangkap pada tanggal 28 Oktober 2007 dengan barang bukti 5 gram ganja. Musisi senor itu akhirnya divonis delapan bulan penjara dan wajib mengikuti program rehabilitasi di Cibubur.

10. Gary Iskak

Gary ditangkap pada 21 September 2007 karena memiliki satu buah paket shabu seberat 0,3 gram. Gary mengakui perbuatannya tersebut dan akhirnya dipenjara selama 8 bulan.

11. Revaldo

Pesinetron ini tercatat dua kali berurusan dengan pihak berwajib dengan kasus yang sama yaitu narkoba. Pertama kali ditangkap pada tahun 2006 karena kedapatan memiliki shabu, ekstasi dan ganja. Revado divonis penjara dua tahun.

12. Andika ‘Kangen Band’

Setelah beberapa lagunya menjadi top hits dan hijrah ke Jakarta, vokalis kangen band ini akhirnya terjerat narkoba. Keluar dari grup band yang membesarkan namanya itu tidak lantas membuatnya berhenti.

Pada tanggal 11 Maret 2011 Andika tertangkap tangan sedang mengkonsumsi narkotika jenis ganja. Dia kemudian divonis satu tahun penjara.

13. Doyok

Doyok adalah seorang pelawak dan juga penyanyi yang pernah ngetop pada tahun 1980-an. Sahabat komedian Kadir ini kedapatan sedang mengkonsumsi shabu sebanyak 0,3 gram. Doyok akhirnya dipenjara selama satu tahun pada tahun 2000.

14. Roger Danuarta

Roger adalah salah satu pesinetron Indonesia yang pernah aktif bermain di beberapa judul film dan menjadi model iklan komersial. Di awal tahun 2014 ini, Roger kedapatan pingsan di dalam mobilnya sendiri dengan sebuah jarum suntik masih tertancap di lengannya.

15. Reza Artamevia

Ia tersandung  narkoba bersama Gatot Brajamusti di Pulau Lombok, Agustus 2016. Dia direhabilitasi rawat jalan 8 kali selama 4 pekan.

16. Restu Sinaga

Ditangkap di rumahnya Juni 2016 dengan barang bukti ganja, 10,75 gram, 17 butir Dumolis,26 pil happy five, 4 alat hirup narkoba dari plasti. Dia direhabitasi sosial dan medis.

17. Raffi Ahmad

Tersandung narkoba 2013. Ia digerebek di rumahnya, dan dinyatakan sebagai korban, dan direhabilitasi di Lido, Sukabumi 3 bulan.

18. Robby ‘Geisha”

Ditangkap 18 Oktober 2013 di rumahnya di Pasar Minggu. Polisi menemukan 5,1 gram ganja, lintingan seberat 0,5 gram. Mendekam dalam penjara 1 tahun.

19. Polo

Pernah juga mendekam dalam penjara karena tersandung narkoba

20. Gogon

Pelawan srimulat ini dilaporkan seorang wanita diduga memiliki narkoba, akhirnya menginap di tahanan.

21. Imam S Arifin

Dua kali mendekam dalam bui gara-gara narkoba.

22. Ridho Rhoma

Ketika ditangkap, ditemukan barang bukti narkoba berupa sabu-sabu 0,7 gram, di Daan Mogot, Jakarta Barat 4 Maret 2017

23. Ammar Zoni

Kasus narkobanya kini sedang ditangani polisi, tertangkap 10 Juli 2017