BIN Tengah Pantau Sebanyak 2.691 Terduga Teroris

0
157

Aparat penegak hukum tengah memonitor 2. 691 orang yang terindikasi sisi dari gerakan teroris di Indonesia.

” Butuh saya sebut, ada 2. 691 nama yang tengah dalam posisi dipantau (aparat), ” tutur Direktur Komunikasi serta Info Tubuh Intelijen Negara (BIN) Wawan Hari Purwanto dalam satu diskusi di bilangan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (3/6/2017).

Dari 2. 691 orang itu, ada 467 orang adalah bekas narapidana masalah terorisme. Salah satunya, ada 30 orang tidak di ketahui rimbanya.

Terakhir, lanjut Wawan, 9 orang salah satunya sudah diketemukan tewas dalam sebagian insiden baku tembak dengan aparat di beberapa daerah di Indonesia.

” Sejumlah 21 bekasnya yang hingga saat ini masih tetap tidak di ketahui rimbanya. Serta nyatanya satu diantaranya ya Bahrun Naim yang saat ini di Suriah, ” tutur Wawan.

Walau sekian, Wawan menyampaikan, dari jumlah 2. 691 orang itu, terdapat banyak yang telah bertobat serta kembali pada kehidupan normal. Aparat tetaplah selalu memonitor kesibukan mereka.

BIN selalu mendorong program deradikalisasi supaya beberapa ribu orang yang disangka kuat berhimpun ke jaringan terorisme itu supaya kembali pada jalan yang benar.

” Lewat cara kami merangkul, kami merendah, itu ‘one stop service inteligent’. Itu yang yang tengah kami kembangkan di intelijen serta saya mendorong, ” tutur Wawan.