Belakangan ini, Sosok Ahok Mendadak Kalem dan Lembut

0
242

Kasus Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang menjadi fokus nasional ikut menjadi sorotan para peserta Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI 2017, termasuk perubahan sikap Ahok yang kini menjadi lebih lembut. Salah satu calon wakil gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahudin Uno bahkan mengakui kini perangai Ahok berubah menjadi agak lebih kalem dan tenang. 

Ahok memang mencoba berubah lebih santun saat bertutur kata. Tidak ada lagi kalimat meledak-ledak dilontarkan cagub DKI Jakarta nomor urut dua itu. Dia menanggapi segala kritik dengan lapang dada. Ahok juga sudah mendapat banyak nasihat, mulai dari Wapres Jusuf Kalla hingga Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Dia lalu mengaku kini lebih hati-hati bicara. 

Upaya Ahok untuk berubah itu juga diapresiasi para pesaingnya. Mereka berharap perubahan Ahok tidak cuma sementara dan membawa kebaikan bagi warga Jakarta. 

Namun sayangnya, seorang pengamat politik dari LIPI Siti Zuhro memiliki penilaian berbeda. Menurut Siti, perubahan Ahok tersebut hanya untuk kepentingan kampanye semata. 

“Ya iya lah (hanya untuk kampanye). Kan sedang jualan politik sekarang,” kata Siti di Kantor Kementerian PANRB, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu, 30 November. “Kalau karakter itu ya tetap karakter. Karakter, apalagi di atas umur 30 tahun itu sudah melekat. Jadi enggak ada karakter itu yang dibikin-bikin sampai Februari, itu enggak ada. Karakter ya karakter,” pungkasnya.