Apa yang Terjadi Jika Ahok Jadi Menteri atau Cawapres Jokowi?

0
144

Isu perombakan kabinet kerja jilid III semakin santer beredar di kalangan media. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun dikabarkan akan melantik Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai menteri dalam negeri (mendagri) menggantikan Tjahjo Kumolo.

Jika isu itu benar, maka hal itu akan menimbulkan persepsi negatif terhadap pemerintah. Menurut Wakil Ketua DPR Fadli Zon, tidak jika isu tersebut benar maka akan memunculkan persepsi miring yang disematkan kepada Presiden Jokowi. “Kalau benar maka terbukti selama ini Presiden memang mendukung Ahok,” ujar Fadli saat dikonfirmasi, Kamis (27/4).

Di sisi lain, sambung Wakil Ketua Partai Gerindra itu, pemilihan seorang menteri menjadi hak proregatif dari seorang presiden. Bila memang itu dipilih oleh Jokowi, maka orang nomor satu itu siap menerima persepsi miring dari publik. “Kalau mau menunjukkan itu ke masyarakat ya tidak apa-apa. Saya juga tidak masalah,” katanya.

Sekadar informasi, belakangan tersebar pesan singkat yang menyebut Ahok dan Djarot Saiful Hidayat akan mengundurkan diri menjadi Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta pada Juli mendatang.

Kemudian selanjutnya jabatan itu akan kembali diisi oleh Pelaksana tugas atau Plt, padahal Ahok masa jabatannya akan habis pada Oktober 2017.

Setelah mengundurkan diri, Ahok juga dikabarkan akan ditempatkan oleh Pr‎esiden Jokowi menjadi Mendagri mengantikan T‎jahjo Kumolo dalam Kabinet Kerja. ‎