Anies-Sandi Gubernur Jakarta, Modal Kuat Prabowo di Pilpres 2019

0
180

Pasangan Anies BaswedanSandiaga Uno dipastikan bakal memimpin ibu kota untuk lima tahun mendatang. Meski belum ada ketetapan dari KPU DKI, namun dari berbagai hasil hitung cepat sejumlah lembaga perolehan suara Anies jauh meninggalkan pasangan petahana Basuki Tjahaja Purnama- Djarot Saiful Hidayat.

Kemenangan Anies-Sandi tak lepas dari kerja keras partai pengusungnya Gerindra dan PKS. Setelah Anies-Sandi menang dalam hitung cepat, teriakan dari simpatisan dan kader untuk Prabowo pun menggema saat mantan Danjen Kopassus itu memberikan keterangan pres. “Prabowo Presiden, Prabowo Presiden,” teriak para kader.

Sebelumnya, Prabowo berkali-kali mengatakan jika simpatisan ingin dirinya maju menjadi calon presiden, kader dan pendukung harus menangkan Anies-Sandi. “Saudara-saudara, kalau kalian ingin saya jadi presiden 2019, Anies-Sandi gubernur DKI, betul? Di 2019, kalian harus kerja keras, kalian juga harus kerja keras di Februari 2017, jangan di sini teriak-teriak,” kata Prabowo.

Pencapresan Prabowo juga diutarakan Ketua DPP Gerindra, Desmond J Mahesa beberapa bulan lalu. Menurut Desmon, Prabowo Subianto kemungkinan besar akan mencalonkan diri kembali pada pilpres 2019. Hal itu menurut Desmond adalah keputusan partai.

“Itu keputusan partai biasa saja. Yang belum berubah keputusan partai itu,” katanya.

Desmon mengatakan, pihaknya masih meyakini adanya kekuatan yang bisa membuat partai memenangkan calon pada pilpres mendatang. “Karena bicara 2019, karena kita rapat kerja itu awal tahun kemarin. 2019 menunjuk beliau dan kondisi politik bisa berubah. Yang penting bagi dia (Prabowo) partai ini jaga kekompakan,” kata Desmond.

Sementara itu, Ketua DPD Gerindra Jabar Mulyadi mengatakan kemenangan di DKI merupakan sebuah kunci untuk Pilpres 2019. Selain itu, Jawa Barat juga merupakan salah satu wilayah penting.

“Lalu Pilpres 2019, sesuai tahapan di DPR, bahwa pemilu itu akan serentak dengan Pilpres. Rapimda nanti akan membahas dinamika yang berkembang di Jabar. Karena pada akhirnya partai ini strateginya bagaimana Prabowo bisa menjadi presiden pada 2019 nanti,” katanya.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengakui wacana pencapresan Prabowo menguat setelah kemenangan Anies-Sandi. Fadli mengklaim desakan masyarakat terhadap pencalonan Prabowo masih tinggi. Fadli menambahkan kemenangan Anies-Sandi menjadi tolok ukur bagi Gerindra untuk mencapreskan Prabowo.

“Kami mengharapkan Pak Prabowo sehat dan bisa maju untuk Pemilu 2019 karena saya kira kalau beliau terpilih ini akan membawa Indonesia lebih kuat dan terhormat,” kata Fadli.