Aktivitas Gunung Agung Kian Meningkat

0
104
Aktivitas Gunung Agung Kian Bertambah

Pantauan dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kasbani mengatakan bahwa kawah Gunung Agung terus mengalami penggelembungan atau inflasi hingga mencapai 6cm dan aktivitas tersebut cukup besar.

“Satu bulan terakhir terjadi penggelembungan cukup signifikan, terjadi uplfit 6 cm di kawah,” kata Kasbani

Diketahuai naiknya kawah Gunung Agung ini oleh pantauan sateliat pada 15 Oktober 2017. PVMBG juga menggunakan GPS dan tiltmeter untuk mengukur perubahan tubuh Gunung Aung dari sudut kemiringan maupun penggelembungannya.

Terbangkan Drong untuk memantau aktivitas Gunung Agung
Terbangkan Drong untuk memantau aktivitas Gunung Agung

Penggelembungan juga terjadi pada tubuh gunung yang mencapai hingga 6 cm. Angka ini terlihat kecil, tetapi perubahan yang meliputi luas wilayah seluruh tubuh gunung tersebut.

Baca Juga : 2 Pendaki Gunung Slamet Hilang

“Berdasarkan analisis tiltmeter yang mengukur kemiringan dan juga GPS mengindikasikan hal yang sama dan kosisten,” ujar Kasbani.

Selain itu, Gunung Agung juga masih menunjukkan gempa yang sangat tinggi dengan perubahan zona panas di area kawah yang semakin meluas. Dari hari ke hari jumlah rekahan di Gunung Agung juga terus bertambah.

“Hasil analisis terakhir mengindikasikan bahwa aktivitas Gunung Agung masih tinggis ehingga statusnya sampai hari ini adalah tetal di level awas,” kata Kasbani.