Aksi Super Damai Demo 212 Harus Berakhir Setelah Salat Jumat

0
822

Sekelompok masyarakat komitmen tetap menggelar aksi super damai pada 2 Desember 2016. Aksi akan digelar di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Guna mencegah hal-hal yang tak diinginkan, kepolisian mengimbau agar peserta aksi tidak keluar dari lingkar Monas. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, pihaknya tetap akan mengamankan jalannya aksi meski yakin aksi tersebut berjalan damai.

“Pengamanan dari kami akan all out, super damai kan kegiatannya,” ucap Argo melalui sambungan telepon, Selasa (29/11/2016), di Jakarta.

Sebelumnya, kepolisian telah lebih dulu bertemu para pemimpin demo 2 Desember 2016. Pertemuan tersebut, ujar Argo, salah satunya menghasilkan kesepakatan aksi berjalan hingga salat Jumat selesai.

“Kan, sebelumnya sudah bertemu dengan kelompok-kelompok (yang akan ikut aksi). Kan, acaranya bukan demo di HI (Hotel Indonesia). Acara di Monas, tausiah, acara sampai salat Jumat. Setelah salat Jumat pada pulang kembali semua,” terang Argo.

Mengenai isu aksi akan disusupi pihak-pihak tak bertanggung jawab, Argo mengaku pihaknya tetap akan mawas diri.

“Ya, mudah-mudahan tidak ada. Kami siapkan semua pokoknya,” kata Argo.

Dalam aksi 2 Desember 2016 mendatang, kepolisian mengaku tak menambah atau mengurangi personel untuk mengawal jalannya aksi. Selain itu, pihak kepolisian juga mengaku tak akan membawa senjata saat aksi berlangsung.