Ada Menteri Jokowi Terima Gratifikasi Rp5 Miliar dari Rombongan Raja Arab ?

0
158

Seorang Menteri Kabinet Kerja menerima hadiah bernilai sekitar Rp 5 miliar dari rombongan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz Al-Saud saat berkunjung ke Indonesia beberapa waktu lalu. Nilai penerimaah hadiah oleh anak buah Presiden Joko Widodo (Jokowi)itu terdiri dari berbagai jenis barang.

Pemberian hadiah dengan angka yang cukup fantastis itu diketahui dari pelaporan gratifikasi yang diterima Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) beberapa hari lalu. “Perkiraan sekitar Rp 5 miliar,” ungkap Direktur Gratifikasi KPK, Giri Suprapdiono.

Sayangnya Giri enggan mengungkap lebih lanjut mengenai menteri yang menerima cinderamata dari rombongan Raja Salman itu. Sebab, KPK memiliki prosedur tidak menyampaikan nama pelapor gratifikasi tanpa persetujuan yang bersangkutan.

Yang jelas, kata Giri, pihaknya mempunyai catatan siapa-siapa saja dan barang apa saja yang diberikan kepada penyelenggara negara terkait kedatangan Raja Salman.

“Menteri yang kemarin itu ketemu Raja Salaman saja. Kita sudah punya listnya,” ujar Giri.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah membenarkan adanya pelaporan penerimaan hadiah oleh menteri. Penerimaan hadiah itu terdiri dari beberapa jenis. Di antaranya, sebuah alroji, sebuah tasbih, sebuah ballpoint, dan manset sapphire.

“Nanti akan dijelaskan lebih lanjut,” ucap Febri.

Sebelumnya, tiga Menteri Kabinet Kerja, seorang gubernur dan Kapolri, Jenderal Tito Karnavian diketahui menerima hadiah dari rombongan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz Al-Saud saat berkunjung ke Indonesia beberapa waktu lalu. Hal itu diketahui dari pelaporan gratifikasi yang diterima KPK. Gratifikasi itu dilaporkan ke KPK sejak 7 Maret hingga 15 Maret 2017.

Adapun lima laporan yang diterima Direktorat Gratifikasi KPK itu meliputi dua buah pedang dengan panjang sekitar 120 cm lengkap dengan sarungnya yang berwarna keemasan. Kedua pedang itu ditempatkan dalam kotak berwarna hijau tua.‬

‪Cendramata ketiga berupa belati berwarna keemasan. Belati berbentuk huruf L yang dihiasi beberapa jenis batu mulia pada sarungnya itu dikemas di dalam kotak kaca berukuran sekitar 30x35x20 dan beralaskan kain hijau.‬

‪Selain itu, dua set aksesoris yang terbungkus rapi dalam dua kotak berukuran 50×40 berwarna coklat muda. Dalam kotak pertama berisi sebuah jam tangan rolex sky dweller, jam meja rolex desk clock 8235, manset emas merk chopard, tasbih, dan ballpoint emas merk chopard. Sedangkan di kotak kedua berisi satu set aksesoris terdiri dari jam tangan mouawad grande ellips, cincin emas 18 karat bertahtakan sebuah princess cut diamond 3.120 cts dan 16 white diamonds 1.395cts, manset bertahtakan satu princess cut diamond 2.130cts, rectagle cut diamond 2.140cts, dan 32 white diamond 2.536cts, tasbih hitam, dan ballpoint merk mouawad.