7 Tokoh Indonesia ini tercatat pernah jadi cover majalah TIME

0
603

Majalah TIME merupakan salah satu media paling berpengaruh dan prestisius di dunia. Mereka yang berada di sampul dianggap isu paling penting sejagat. Dalam sejarah salah satu majalah berita ini, tokoh-tokoh yang mampu menghiasi cover majalah TIME hanyalah mereka yang begitu populer di kancah pemberitaan nasional dan internasional.

Nah sejak majalah asal Amerika Serikat (AS) yang terbit pertama kali pada tahun 1923 ini, tercatat ada 7 tokoh Indonesia yang ternyata dinilai sebagai tokoh besar dan berpengaruh bukan hanya untuk negerinya tapi juga bagi dunia, sehingga layak untuk menjadi cover dari majalah tersebut.

Siapa aja sih? Yuk simak rangkuman dari berbagai sumber, Minggu (15/1) di bawah ini.

1. Soekarno.

Presiden pertama Republik Indonesia ini juga menjadi sosok pertama yang wajahnya menghiasi cover majalah TIME. Pria yang kerap disapa dengan Bung Karno ini muncul pada cover TIME pada edisi 23 Desember 1946 dan 10 Maret 1958.

2. Soeharto.

Presiden kedua Republik Indonesia ini juga pernah menjadi cover TIME yaitu pada edisi 15 Juli 1966, kemudian saat ia lengser dari jabatan kepresidenannya pada tahun 1998, serta pada edisi pengusutan kekayaan Soeharto pada edisi 24 Mei 1999.

3. Bacharuddin Jusuf Habibie (B.J. Habibie).

Presiden ketiga Indonesia ini pernah jadi cover TIME edisi 1 Juni 1998, saat kepemimpinan jatuh pada beliau.

4. Abdurrahman Wahid.

Abdurrahman Wahid atau Gus Dur juga pernah menjadi tokoh yang muncul sebagai cover majalah TIME untuk edisi 2 Juli 2000.

5. Virgiawan Listanto (Iwan Fals)

Penyanyi legendaris Iwan Fals adalah salah satunya musisi Indonesia yang wajahnya terpampang sebagai cover TIME. Penyanyi lagu Bento ini muncul pada edisi 29 April 2002.

6. Susilo Bambang Yudhoyono.

Presiden keenam Indonesia ini pernah menjadi cover majalah TIME pada edisi 24 Januari 2006.

7. Joko Widodo.Nah yang terakhir ini mungkin masih segar di ingatan kalian, presiden RI yang lebih sering disapa Jokowi ini menjadi cover majalah TIME edisi 27 Oktober 2014, setelah ia terpilih menjadi presiden.